26 C
Semarang
Kamis, 10 Juni 2021

Warga Tambak Lorok Larung Hasil Bumi dan Laut

SEMARANG- Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama ribuan warga dan nelayan Tambak Lorok, Tanjung Mas, Minggu (20/8), kemarin bergerak bersama menuju ke tengah laut menggunakan perahu. Tidak untuk mencari ikan, melainkan untuk menjalankan tradisi sedekah laut dan bumi dengan melarungkan sesaji di pantai utara Kota Semarang.

Acara sedekah laut dan bumi diawali dengan kirab warga dan nelayan, kemudian melarung sesaji hasil bumi ke tengah laut menggunakan perahu.

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut pun didapuk mengawali kegiatan sedekah laut dengan menyerahkan wayang secara simbolis kepada Ki Dalang Satrio Pambuka untuk memerankan lakon “Sesaji Rojo Sonyo”.

Hendi mengapresiasi warga Tambak Lorok yang masih menjaga kearifan local,  seperti tradisi sedekah laut dan bumi ini hampir 30 tahun. “Meskipun zaman semakin maju dengan teknologinya, namun tradisi sedekah laut dan bumi warga Tambak Lorok masih bertahan hingga sekarang. Saya acungi jempol, semoga apa yang menjadi harapan dan doa panjenengan di jabah Allah SWT,” kata Hendi.

Hendi juga menegaskan bahwa sedekah laut di Kota Semarang penting untuk terus diselenggarakan sebagai sarana wujud syukur Allah SWT bahwa kita semua sudah diberi kesehatan dan rezeki yang berlimpah dari Allah SWT.

Selain itu, wali kota juga menegaskan bahwa dalam rangka mengembangkan serta menjaga kearifan lokal, dirinya saat ini tengah fokus membangun Tambak Lorok menjadi Kampung Bahari.

“Kami tidak ingin yang cantik dan indah hanya di tengah Kota Semarang saja. Saya ingin bangun Semarang dari semua lini dari perbatasan Demak hingga Kabupaten Semarang. Insya Allah tahun depan semua program tersebut akan selesai,” tandas Hendi.

Terakhir Hendi mengingatkan kepada warganya agar selalu meamaknai akan tiga hal yang terkandung dalam sedekah laut dan bumi. Ketiga hal tersebut adalah menjaga silaturahmi dengan sesama, selalau ikhlas dan bersyukur. Ketiga hal ini bila dilakukan bersama-sama wilayah Tambak Lorok menjadi sebuah kampung yang penuh potensi wisata dan kota Semarang sendiri menjadi lebih baik. (zal)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here