Pendaftar Diminta Mulai Sosialisasi

104
Agustina Wilujeng (Ricky fitriyanto/jawa pos radar semarang).
Agustina Wilujeng (Ricky fitriyanto/jawa pos radar semarang).

SEMARANG – Para bakal calon gubernur (bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (bacawagub) Jateng yang mendaftar melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dipersilahkan untuk menggencarkan sosialisasi. Upaya pengenalan untuk mendongkrak popularitas dan elektabilitas ini dianggap penting dan menjadi salah satu pertimbangan turunnya rekomendasi. Sebab DPD PDIP Jateng nantinya akan menggelar survey bagi seluruh bakal calon.

“Para tokoh yang telah mendaftar ini boleh memasang gambar masing-masing di 35 kabupaten/kota dengan berkomunikasi dengan teman-teman struktur di DPC,” ujar Ketua Desk Pilkada DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng.

Anggota DPR RI ini menambahkan, DPD juga akan mengadakan ramah tamah antara para pendaftar dengan para pengurus DPC, anggota legislatif DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Jateng, hingga DPR RI asal Jateng. “Dari situ diharapkan para bakal calon kenal dengan teman-teman struktur dan para kader. Selanjutnya mereka bisa berkomunikasi sendiri,” ungkapnya.

Menurut dia, minggu depan pihaknya akan menggelar rapat pleno guna mendata keabsahan persyaratan yang disertakan para bakal calon saat mendaftar. “Para pendaftar masih diberi kesempatan melengkapi persyaratan hingga 26 Agustus nanti,” ujar Bendahara DPD PDIP Jateng ini. Setelah itu paling lambat data para pendaftar akan dikirimkan ke DPP pada 28 Agustus. Agustina menegaskan wawancara terhadap para bakal calon akan dilakukan langsung oleh DPP.

Sepanjang pembukaan pendaftaran bakal calon yang dimulai 24 Juli hingga 11 Agustus lalu, ada 25 nama yang mengambil formulir pendaftaran. Dari angka itu, 6 orang mendaftar sebagai bacagub, dan 19 bacawagub. “Yang mengembalikan formulir pendaftaran hanya 19 orang. 5 bacagub dan 14 bacawagub,” katanya.

Sementara itu mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said berencana menggelar silaturahmi dengan warga Jateng di Balairung kompleks Univeritas PGRI Semarang (Upgris), Minggu (20/8) besok. Silaturahmi tersebut akan menggali lebih dalam sosok Sudirman Said. Terutama mengenai gagasan-gagasannya untuk membangun Jateng lebih baik.

Anggota Forum Silaturahmi Warga Jateng, Erik Triadi menjelaskan, rencananya akan ada sekitar 5 ribu orang dari berbagai elemen masyarakat yang datang dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Mulai dari petani, nelayan, pendidik, wirausaha, dan lain sebagainya. “Mereka akan dipaparkan siapa sosok Sudirman Said itu,” terangnya.

Pihaknya juga mengundang sejumlah warga yang pernah diajak diskusi dengan Sudirman Said. Ya, belakangan ini, Sudirman Said melakukan roadshow di beberapa daerah di Jateng untuk berdiskusi dengan warga setempat.

Selain itu, Sudirman Said juga akan meminta masukan dari masyarakat. Apa saja keluhan mereka mengenai Jateng yang sekarang. Apa saja yang mereka butuhkan. “Jadi seolah-olah memberikan ‘cek kosong’ kepada warga Jateng. Mereka bisa mengisi apa saja sesuai keinginan mereka,” imbuhnya.

Cek kosong itu, lanjutnya, akan menjadi catatan penting sebagai bekal Sudirman Said dalam berpartisipasi membangun Jateng. Karena, sudah bukan rahasia umum jika Sudirman Said berencana maju ke bursa Pilgub 2018. Hanya saja, saat ini sedang mencari kendaraan partai politik untuk membawanya menjadi calon Gubernur Jateng. (amh/ric)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here