Beranda Berita Suyono Ajak Mahasiswa Promosikan Batang

Suyono Ajak Mahasiswa Promosikan Batang

Di Jalur Tol Fungsional

Others

BATANG–Wakil Bupati (Wabup) Batang, Suyono, mengajak para mahasiswa mempromosikan potensi lokal dan budaya Batang ke daerah lain. Serta mengajak berkarya dengan berwiraswasta, sehingga menciptakan peluang kerja baru baik untuk dirinya maupun orang lain.

“Saya berharap teman-teman mahasiswa asal Batang, bisa memperkenalkan Kabupaten Batang ke daerah lain, dengan potensi dan budaya yang ada,” kata Wabup Suyono saat bertemu dengan mahasiswa di Desa Sojomerto Kecamatan Reban Kabupaten Batang, Kamis (22/6) kemarin.

Ajakan tersebut dilakukannya saat bertemu dengan anggota Forum Silaturahmi Mahasiswa Batang Jogjakarta (Forsimba). “Saya yakin sebagai pemuda, lagi  penuh semangat mempunyai mimpi dan ambisi setinggi-tingginya. Saya berharap, ambisi tersebr bisa disalurkan dalam bentuk berwirausaha, dengan menginovasi diri dan melakukan kreatifitas dalam membentuk keilmuan untuk dilanjutkan pada berwirausaha,” ujarnya.

Suyono juga berpesan khusus, kepada anggota Forsimba agar lebih aktif lagi dalam membina kerukunan, kebersamaan menuju kebaikan, serta menebar virus kebaikan bagi juniornya. “Lebih penting lagi, sesama anggota tidak sekedar melakukan komunikasi organisasi, akan tetapi juga komunikasi dalam bidang usaha.”

Karena dicontohkan, kini sudah banyak pelaku usaha berasal dari komunitas kecil datau organisasi. Seperti dari majelis taklim di Desa Subah, yang memiliki usaha membuat dan menjual sandal yang kreatif, dan itu bisa menjadikan perubahan perekonomian dilingkungan masyarakat itu sendiri.

”Sekarang ini tidak usah berpikir yang besar dulu, teman-teman mahasiswa bisa mulai dari bisnis sederhana, seperti usaha kedai kopi kecil-kecilan dengan konsumen komunitas para mahasiswa sendiri,” ujar Wabup.

Selanjutanya, juga diberikan nasehat agar bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain dan untuk bangsa. Salah satu cara sederhana, dengan mendukung budaya lokal yang baik, serta terus berinovasi dan meningkatkan kreatifitas.

Yang lebih penting menurut Suyono, para mahasiswa juga diajak untuk turut mengembangka budaya lokal, dengan berwirausaha lokal. Karena sumber daya di Batang banyak potensinya, terutama di dibidang wisata.

Sigit prasetyo selaku ketua panitia kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan Forsimba untuk memberdayakan budaya lokal seperti kesenian lokal yang dikembangkan dan dipromosikan ke daerah lain.

Di Batang sendiri, imbuhnya, masih banyak kesenian lokal yang bagus. Seperti seni Kuda Lumping dan seni Tari Gambyong. Selain itu, khusus di Desa Sojomerto juga terdapat situs budaya yang cukup kuno dan penting. Sehingga situs tersebut bisa dikenal oleh masyarakat Batang dan Indonesia.

“Kami sebagai mahasiswa Batang yang kuliah di daerah lain, berharap bisa turut serta dalam menegmbangkan budaya dan kesenian lokal Batang agar lebih dikenal publik. Sekaligus, bisa menjadi destinasi wisata baru yang ke depannya bisa meningkatkan pereknomian warga,” tandasnya. (han/ida)

Stay Connected

12,287FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here