Andra Fakhrian. (istimewa)
Andra Fakhrian. (istimewa)

SEMARANG- Mahasiswa prodi Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK), Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang, Andra Fakhrian berhasil melaju ke final Kompetisi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat nasional tahun 2017.

Tema Mawapres tahun ini adalah “Peningkatan Produktivitas Iptek dan Inovasi untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkarakter Unggul”. Kepastiannya terpilih sebagai finalis diumumkan Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui laman resmi pilmapres.ristekdikti.go.id.

Agar bisa melaju ke tingkat nasional, Andra harus memenuhi berbagai persyaratan, seperti administrasi, karya tulis ilmiah, ringkasan karya tulis ilmiah berbahasa Inggris, video presentasi ringkasan karya tulis ilmiah dalam bahasa Inggris, serta data prestasi/kemampuan yang diunggulkan.

“Adapun seleksi berkas untuk nasional diantaranya Bahasa Inggris, Karya Tulis Ilmiah, dan prestasi. Yang paling saya persiapkan benar adalah mengejar poin di dokumen prestasi,” tutur mahasiswa yang sering mengikuti berbagai konferensi internasional sebagai presenter, dan menulis di banyak jurnal internasional ini.

Andra, melanjutkan, pada seleksi tahap akhir, yaitu yang lolos seleksi tahap awal, penilaiannya berdasarkan pada presentasi karya tulis ilmiah, presentasi dan diskusi dalam bahasa Inggris. Selain itu wawancara dan klarifikasi terhadap prestasi unggulan, tes dan pengamatan kepribadian. Diantara sekian persyaratan, Andra mengaku kelebihannya ada pada kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris.

Selanjutnya Andra akan bersaing dengan 16 Finalis lainnya untuk menjadi mahasiswa berprestasi nasional yang akan diselenggarakan di Surabaya pada 11-13 Juli 2017. (dan/ric)