28 C
Semarang
Jumat, 11 Juni 2021

Kuota PPDB Online Belum Terisi

WONOSOBO – Hingga H-1 batas akhir Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online bagi 16 SMP Negeri di Wonosobo, ternyata belum semua kuota terisi. Dari total kuota sebanyak 3.651 di 16 SMP, baru ada 3.573 yang mendaftar. Pendaftaran melalui PPDB online akan resmi ditutup pada Kamis (21/6) ini, pukul 12.00 WIB.

“Yang terisi kuotanya paling SMP favorit. Makanya akan kita selenggarakan pendaftaran online gelombang 2,” jelas Kasi Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan (PEP) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Wonosobo, Arifah, Selasa (20/6).

Adapun penyelenggaraan pendaftaran online gelombang dua, ada perbedaan jadwal antara SMP yang melaksanakan PPDB online dengan yang offline. Bagi sekolah yang melaksanakan PPDB online, gelombang dua berlangsung pada 3-5 Juli, sementara yang offline pada 4-5 Juli.

Arifah membeber, aplikasi PPDB online tahun ini memiliki banyak keunggulan dibanding PPDB online 2016. Perbedaannya, terdapat pada kemudahan mendaftar siswa, khususnya yang lulus tahun 2017 dan sekolah pada SD di Wonosobo.

“Mendaftarnya mudah tinggal menyerahkan no ujian sudah cukup. Nanti setelah diunggah bakal diketahui, namanya siapa, lulusan mana, nilai ujiannya berapa. Jadi panitia PPDB tak bisa ngotak-atik sama sekali,” katanya.

Namun, kemudahan itu tidak bisa didapat bagi siswa yang lulus sebelum tahun 2017 dan lulusan SD luar daerah. “Yang tidak mendapat kemudahan itu masih bisa mendaftar online. Caranya dengan meng-upload data secara manual,” katanya.

Disdikpora akan menyeriusi agar setiap SMP di Wonosobo bisa melangsungkan PPDB online di tahun-tahun yang akan datang. Pada penerimaan siswa baru 2018-2019 misalnya, ditarget sudah ada 30 sekolah SMP yang melangsungkan PPDB online.

Kepala SMPN 2 Wonosobo Ellna Amperawati menyatakan, kuota sebanyak 255 siswa di sekolahnya telah dipenuhi pendaftar. Hingga Selasa (20/6), sebanyak 135 pendaftar tidak bisa masuk dalam kuota. “Di SMP 2, NUS tertinggi 295,5 dengan nilai akhir 591-an. Sedangkan NUS terendah di peringkat 255 sebesar 270 ¬†dengan nilai akhir 541,25,” urainya. (cr2/ton)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here