Salat Setelah Witir

411

Assalamu’alaikum Warahmatullah Pak Kyai Izzuddin. Saya mau tanya, kalau kita sudah salat witir, bolehkah menjalankan shalat sunnah lainnya hingga sebelum subuh ? karena setahu saya salat witir itu shalat penutup. Terima kasih atas penjelasannya.

Sailil Asror 085287834967 di Semarang

Wa’alaikuumussalamWarahmatullah Bapak Sailil Arsor yang saya hormati dan dirahmati Allah, terima kasih atas doa dan pertanyaannya. Memang benar pak , bahwa hakikat shalat witir adalah sebagai penutup dari salat-salat sunnah malam yang lainnya. Shalat witir sendiri adalah salat yang dikerjakan dengan bilangan rakaat yang ganjil. Minimalnya dikerjakan dengan 1 rakaat dan maksimal adalah 11 rakaat.

Namun sudah menjadi tradisi, selama bulan Ramadan setelah melakukan salat tarawih, jamaah kemudian melanjutkanya dengan shalat witir, itulah yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan setelah sahur atau sebelum sahur, kita mempunyai peluang waktu untuk mengerjakan salat malam lain seperti salat hajat dan tahajud.

Jika demikian, kalau kita yakin di waktu sebelum subuh (imsak) kita mempunyai waktu untuk dapat melaksanakan salat malam seperti halnya tahajud dan hajat, maka sebaiknya salat witirnya diakhirkan saja.

Namun kalau kita tidak yakin bisa mempunyai waktu sebelum subuh (imsak) untuk melaksanakan salat malam seperti disebutkan di atas berikut dengan witirnya, maka akan lebih baik apabila halat witir dikerjakan setelah salat tarawih, dan malamnya boleh menambah lagi dengan salat sunnah hajat atau tahajud, tidak apa-apa. Sekian jawaban saya semoga manfaat. (*/smu)

Tinggalkan Komentar: