Rumah dan Gudang Terancam Longsor

289
RAWAN: Sejumlah relawan membersihkan material longsor di Sungai akwung, sementara 2 bangunan di atas tebing terancam longsor susulan. (AHMAD ZAINUDIN/RADAR KEDU)
RAWAN: Sejumlah relawan membersihkan material longsor di Sungai akwung, sementara 2 bangunan di atas tebing terancam longsor susulan. (AHMAD ZAINUDIN/RADAR KEDU)

WONOSOBO – Tebing seluas 10 x 15 meter yang berada di atas Sungai Kawung, Dukuh Mendolo, Kelurahan Bumireso longsor. Material longsoran hampir menimpa 1 rumah yang berada di sebelah sungai dan membuat salah satu fondasi rumah di atasnya menggantung.

Longsor berlangsung Senin (19/6) sekitar pukul 11.00 WIB. Lokasi longsor yang berada dekat Jalan Wonosobo-Purworejo ini sempat menjadi tontonan warga.

“Material longsoran langsung harus dibereskan. Soalnya kalau tidak, ketika datang hujan airnya masuk semua ke rumah yang berada di bawahnya,” beber Budi Santoso, perangkat Kelurahan Bumireso yang datang memantau.

Dibeberkan, rumah dan sebuah gudang yang terancam di bagian atas milik Budi Mudoyo, warga Kelurahan Bumireso. Sementara rumah yang hampir tertimpa ialah milik Taat warga Binangun, Wringinanom, Kertek. “Kebetulan sungai ini jadi pembatas dua desa,” jelasnya.

Saat kejadian, cuaca sedang cerah, bahkan panas terik. “Kebetulan tidak hujan. Mungkin dikarenakan bagian sudut tebing tergerus air sungai sehingga melorot,” katanya.

Sekitar pukul 13.00, sejumlah relawan tampak sedang membersihkan lokasi longsoran. Masyarakat yang penasaran ikut berkerumun melihat lokasi longsor. Meski berada dekat dengan jalan utama kerumunan warga tidak sampai menimbulkan kemacetan. (cr2/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here