Jambanisasi di Mijen Ciptakan Hidup Sehat

KARYA BHAKTI : Anggota Koramil 05 Mijen membuat jambanisasi di rumah warga di Desa Ngegot, Kecamatan Mijen. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KARYA BHAKTI : Anggota Koramil 05 Mijen membuat jambanisasi di rumah warga di Desa Ngegot, Kecamatan Mijen. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK-Babinsa Koramil 05/Mijen, Kodim 0716 Demak kembali menggalakkan program jambanisasi. Kali ini, jambanisasi pada semester I dilaksanakan di rumah Ahmad Rokim, 45, warga RT 3 RW 1, Desa Ngegot Kecamatan Mijen. Selain, kegiatan Karya Bhakti jambanisasi, anggota Babinsa Koramil 05/Mijen juga melaksanakan kegiatan jambanisasi non program.

Danramil Mijen, Kapten Inf Rustiyanto, mengatakan bahwa untuk melancarkan kegiatan ini, setiap Babinsa mendata dan mencari warga kurang mampu yang belum mempunyai jamban, utamanya di masing-masing desa binaan. Dengan demikian, program bisa terarah dan terukur dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

“Melalui jambanisasi inipula, kemanunggalan para Babinsa Koramil 05/Mijen dengan masyarakat di desa binaannya bisa terwujud demi pertahanan Negara,” katanya.

Dengan jambanisasi ini, diharapkan semakin sedikit warga yang buang hajat sembarangan, khususnya buang hajat di sungai. Kalau sungainya bersih dari kotoran manusia, maka air sungai dapat dimanfaatkan warga lainnya untuk kebutuhan mandi cuci sehari hari.

Ahmad Rokim, selaku penerima kegiatan jambanisasi mengaku bersyukur karena rumahnya dibantu jamban tersebut. ”Dengan bantuan tersebut, nantinya kami sekeluarga sudah tidak lagi buang air besar (BAB) sembarangan,” katanya. (hib/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here