Es Caisin, Peluang Usaha yang Kompetitif dan Edukatif

468

MAGELANG–Daun caisin atau sawi hijau merupakan salah satu jenis tumbuhan sayuran yang sangat mudah dijumpai di seluruh Indonesia,  salah satunya di daerah Magelang. Mayoritas daun caisin ini hanya dinikmati dengan olahan biasa seperti pada campuran mi ayam ataupun dijadikan bahan olahan sayur.

Ternyata daun caisin bisa dijadikan bahan untuk membuat es bubble gum seperti yang dilakukan oleh mahasiswa UM Magelang. Mereka mengolah daun caisin menjadi es bubble gum dengan rasa yang berbeda. Ide tersebut mereka tuangkan dalam sebuah proposal yang diikutsertakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2017. Proposal yang bejudul ‘Es Caisin Rasa Buah Varian Baru Bubble Gum dengan Peluang Usaha Kompetitif dan Edukatif’ ini berhasil memperoleh pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi lebih dari Rp 6 juta. Tim dibimbing oleh Septiyani P MPd, dosen FKIP UM Magelang dengan tiga mahasiswi  yakni Laita Hanna Musfikaningrum, Apriliya Ranting Impian, dan Mina Kussaniah.

“Kami berinovasi mengolah daun caisin menjadi es rasa buah untuk mengatasi kekurangan gizi terhadap anak yang tidak suka sayur dan terhadap masyarakat yang mengalami gangguan pencernaan akibat kurang serat,” ujar  Ketua Tim, Laita. Produk terobosan baru tersebut diberi nama ‘Es Caisin Rasa Buah’ yang  memiliki cita rasa yang unik dari perpaduan antara daun caisin yang dicampur dengan berbagai olahan sehingga menjadi seperti rasa buah alpukat. “Rasa yang kompleks ini sangat cocok untuk dihidangkan ketika acara formal maupun informal,” ungkap Laita.

Untuk menghasilkan es caisin dengan cita rasa yang unik, ujar Laita,   harus melalui beberapa tahap. “Pertama adalah  memilih daun caisin yang baik dan tidak busuk yang kemudian dicuci sampai bersih. Setelah itu masukkan  tape, gula pasir,air,susu,sereal,dan es ke dalam blender bersama dengan daun  caisin,” papar Laita.

Es caisin merupakan perpaduan antara es krim dan jus karena tidak begitu encer seperti jus dan tidak berbentuk padat seperti es krim dan disebut bubble gum yang dapat menghilangkan rasa haus serta dapat mengenyangkan. “Kami menyebutnya Es Caisin Rasa Buah sebagai Varian Baru Bubble Gum  karena pada awalnya minuman ini hanya sekedar minuman dari olahan daun caisin yang dicampur dengan susu dan sereal sehingga menghasilkan minuman berserat. Namun setelah dicampur dengan es, minuman ini  selain menghilangkan rasa haus juga dapat mengenyangkan,” kata Laita.

Es caisin telah dijual di beberapa event, baik kegiatan in door maupun out door. Dengan harga Rp 5.000 setiap cup-nya, es caisin telah banyak diminati dan menjadi alternatif ‘makanan’ yang mengenyangkan dan juga bergizi tinggi. (vie/sct/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here