Agen Siaga Elpiji Siap Keliling Selama Libur Lebaran

184
BANTU UKM: Pjs Manager Gas Domestik PT Pertamina (Persero) MOR IV Jawa Tengah dan DIY Nyoman Sumarjaya (berbatik) menyerahkan gerobak kepada pedagang tahu gimbal. (NURUL PRATIDINA/JAWAPOS RADAR SEMARANG)
BANTU UKM: Pjs Manager Gas Domestik PT Pertamina (Persero) MOR IV Jawa Tengah dan DIY Nyoman Sumarjaya (berbatik) menyerahkan gerobak kepada pedagang tahu gimbal. (NURUL PRATIDINA/JAWAPOS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – PT Pertamina  Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan DIJ menyiapkan sebanyak 31 agen siaga untuk elpiji ukuran tabung 3 kilogram yang siap berkeliling selama libur Lebaran 2017. Agen tersebut dipersiapkan guna mengantisipasi adanya kelangkaan LPG di salah satu daerah.

Pjs Manager Gas Domestik, Nyoman Sumarjaya mengatakan, jelang lebaran konsumsi elpiji 3 kilogram mengalami peningkatan hingga 6,5 persen dibanding konsumsi normal. Yaitu dari 1.800.000 tabung per bulan pada bulan-bulan biasa menjadi 1.965.000 selama Ramadan hingga jelang Lebaran.

“Peningkatan sudah sangat terasa di minggu-minggu terakhir ini. Kami perkirakan puncak peningkatan konsumsi pada H-3 Lebaran. Saat ini banyak rumah tangga yang mulai memasak untuk kebutuhan hidangan lebaran,” ujarnya, baru-baru ini.

Oleh karena itu, pada tahun ini pihaknya mengantisipasi peningkatan dan kelangkaan dengan menyiapkan 31 agen siaga elpiji. Satu agen dapat membawa sebanyak 300 tabung dalam mobilnya. Jumlah tersebut tidak mengambil dari elpiji yang sudah dialokasikan baik untuk agen maupun pangkalan reguler. “Agen siaga ini sifatnya akan berpindah-pindah atau mobile ke titik-titik yang sekiranya rawan kelangkaan elpiji 3 kg,” jelasnya.

Selain memastikan kebutuhan elpiji subsidi, pihaknya juga memastikan elpiji nonsubsidi salah satunya Bright Gas tetap terjaga dan makin dikenal oleh masyarakat. Salah satu upayanya dengan menyerahkan satu gerobak jualan pada pedagang tahu gimbal. “Bantuan gerobak ini merupakan apresiasi kami pada pelanggan, khususnya pedagang yang menggunakan Bright Gas untuk kebutuhan berdagang mereka,” katanya.

Sejauh ini bantuan tersebut baru diberikan kepada satu pedagang. Namun ke depan tidak menutup kemungkinan jika jumlah pedagang yang menggunakan elpiji Bright Gas semakin meningkat, bantuan serupa juga akan diberikan. (dna/smu)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here