Warung Penang, Untuk Pecinta Masakan Melayu

1622
KHAS MALAYSIA: Salah satu pelanggan, mencicipi nasi lemak di Warung Penang. (FOTO-FOTO: AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KHAS MALAYSIA: Salah satu pelanggan, mencicipi nasi lemak di Warung Penang. (FOTO-FOTO: AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

BERAWAL dari kegemaran travelling dan memasak, Stanley Setiawan, memberanikan diri membuka restoran. Menawarkan sejumlah masakan khas Melayu, rumah makan di Jalan Singosari Raya 71 yang ia namai Warung Penang layak untuk dikunjungi.

Baca Juga : Kunci Kelezatan Nasi Lemak Pada Kaldu

“AWALNYA karena saya sering bolak-balik ke Malaysia dan Singapura, di mana di sana seringnya makan Nasi Lemak. Lama-lama kepikiran untuk membuat resto ini,” ungkapnya yang juga seorang pianis.

DIMODIFIKASI: Menu utama Warung Penang, nasi lemak lengkap dengan ayam goring. (FOTO-FOTO: AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DIMODIFIKASI: Menu utama Warung Penang, nasi lemak lengkap dengan ayam goring. (FOTO-FOTO: AFIATI TSALITSATI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

Menurutnya, citarasa Nasi Lemak dan makanan khas Malaysia tersebut tidak berbeda jauh dengan selera masyarakat Semarang kebanyakan.

Mengusung konsep makanan penggabungan dari Melayu dan Chinese yang disesuaikan dengan selera orang Indonesia, Stanley mengaku warung ini juga ditujukan bagi mereka pecinta kuliner Negeri Jiran tersebut jika kangen sehingga tidak perlu repot untuk jauh-jauh kesana.

Resep yang dibuatpun sedikit dimodifikasi. Stanley mengatakan asli dan mirip dengan rasa dari olahan Nasi Lemak dari asalnya. Kegemarannya memakan Nasi lemak ketika berkunjung kesana membuat lidahnya lebih familiar dan mampu menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia. “Kalau di sana, Nasi Lemaknya itu pakai nasi gurih, mirip dengan nasi uduk tapi bukan nasi uduk juga. Nah di sana itu  walaupun nasi gurih tapi hambar, kalau di resto ini lebih memiliki rasa,” katanya yang sempat empat tahun mengenyam pendidikan di Amerika.

Selain itu beberapa bahan yang biasa digunakan seperti minyak babi, dihilangkan sehingga Stanley mengklaim bahwa Nasi Lemak milik Warung Penangnya itu 100 persen halal.

Selain Nasi Lemak, signatur lain dari Warung Penang ini adalah Nasi Goreng Siram. Yakni masakan Nasi Goreng yang disiram kuah kreasi dari Stanley. Proses Trial and Eror dilalui puluhan kali oleh Stanley dalam pembuatan kuah untuk nasi goreng siram ini. “Semua resep ini kreasi sendiri dengan modal kegemaran memasak sejak kecil. Jadi kalau dari kecil itu saya lapar tengah malam masaknya nggak mie tapi fuyunghai atau masakan chinese lainnya,” ujarnya. (tsa/smu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here