32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Layanan Serba Gratis, Bisa Menginspirasi Batang

LAMPUNG-Hampir semua layanan kepada masyarakat di Kota Bandar Lampung diberikan secara gratis tanpa memungut biaya. Mulai dari layanan kesehatan, pendidikan hingga kependudukan. Hal tersebut dilakukan sejak Wali Kota Bandar Lampung, Herman HR dilantik.

Hal tersebut menarik perhatian rombongan Komisi A DPRD Kabupaten Batang. Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Batang, H Nur Untung Slamet, terdiri atas dari Ketua Komisi A, Purwanto, Wakil Ketua Komisi A Fatkhurrohman dari Fraksi PKB, Sekertaris Komisi A H Juki dari Fraksi PAN PKS, serta para anggota komisi, Junaenah dari Fraksi PDIP, Istikhanah dari Fraksi Golkar, Tuhlan dari Fraksi Demokrat, Purwandi dari Fraksi PKB (Nasdem), Triyanto dari Fraksi Gerindra, M Imanullah dari Fraksi PPP dan I’anatul Fikriya dari PKB.

Rombongan dari Batang yang sudah beberapa hari melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke berbagai daerah, kali ini merasa terhormat, karena diterima langsung oleh Wali Kota Bandar Lampung, H Herman HR, yang didampingi Sekda dan pejabat teras setempat di lantai 4 Gedung Pelayanan Satu Atap Pemkot Bandar Lampung, Kamis (15/6) kemarin.

“Sejak saya jadi wali kota pada September 2010, pada bulan Oktober di tahun yang sama, saya memerintahkan kepada Sekda agar semua layanan catatan sipil (Capil) gratis,” ucap Wali Kota Herman.

Selain itu, dari sisi pelayanan juga dilakukan dalam satu atap. Sehingga masyarakat dipermudah dalam setiap pengurusan perizinan apapun di Bandar Lampung. Setahun berselang, layanan gratis dilanjutkan pemerintahannya dengan memberikan kesehatan gratis dan pendidikan gratis bagi warga Bandar Lampung. Bahkan hingga jenjang perguruan tinggi, mampu membiayai ribuan mahasiswa asal Bandar Lampung.

Semua itu, kata wali kota, memang tidak berlangsung seketika, tapi disesuaikan dengan tingkat Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan APBD Bandar Lampung. Dari sebelumnya PAD hanya Rp86 miliar selama 7 tahun, kini sudah melesat menjadi Rp 700 miliar.

Diceritakan Wali Kota Herman, daerahnya bisa meningkatkan PAD dengan pengetatan pemasukan pajak serta menambah banyak sektor wisata. “Perizinan di kota, kami permudah. Selain itu, melakukan pembangunan kawasan wisata, sehingga selain dapat penyerapan tenaga kerja lokal juga meningkatkan pajak,” jelasnya.

Terbukti, kini PAD yang paling banyak adalah PBB dan BPHTB. Pemasukan hingga Rp 300 miliar pertahun, sisanya retribusi pajak restoran, hotel, parkir dan sejenisnya yang semakin meningkat seiring perkembangan wilayah dan destinasi wisata.

Ditambahkan, Sekda Bandar Lampung, Badri Taman, bahwa semua peningkatan tersebut didukung dengan perbaikan infrastruktur daerah, terutama jalan. Dengan adanya jalan yang bagus, membuat harga properti yang ada juga melesat naik. “Pak Wali Kota selain memaksimalkan pajak, juga dibarengi dengan perbaikan infrastruktur. Dengan jalan yang bagus dan kemudahan akses transportasu, menjadikan harga properti meningkat. Sehingga PBB dan BBHTB juga melonjak drastis,” jelasnya.

Ke depan di Bandar Lampung, kata Sekda, terkait pelayanan satu atap akan semakin ditingkatkan lebih besar lagi. Nantinya, untuk semua layanan akan dilakukan dalam satu gedung. “Saat ini kami sedang membangun gedung 12 lantai. Tahun depan, semua layanan masyarakat akan dilakukan dalam satu gedung ini. Tidak perlu ribet harus keliling ke kantor dinas,” serunya.

Sementara itu, Ketua Rombongan Komisi A DPRD Batang, Nur Untung Slamet mengatakan bahwa dengan kehadirannya di Bandar Lampung, sangat disyukuri karena mendapatkan banyak ilmu. “Nantinya kami akan membawa banyak ilmu dari Bandar Lampung, salah satunya berbagai layanan gratis ke Batang. Pasti akan kami koordinasikan dengan Bupati Batang yang baru,” ucapnya.

Anggota Komisi A DPRD Batang lainnya, Istikhanah merasa terharu dengan sambutan langsung Wali Kota Bandar Lampung. Pasalnya, selama dirinya menjadi anggota dewan dan melakukan kunker ke berbagai daerah, jarang langsung diterima pimpinan tertinggi daerah setempat.

“Saya bersyukur dan terharu disambut dan bertemu langsung dengan Wali Kota Bandar Lampung. Selain itu, beliau juga banyak memberikan ilmu yang berharga dalam membangun daerah,” tandasnya. (han/adv/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here