31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

Sopir Bus Jalani Tes Urine

SALATIGA – Puluhan sopir bus yang melintas di Terminal Tingkir, Rabu (14/6), diturunkan dari armadanya. Mereka diminta untuk melakukan tes urine sekaligus diperiksa kesehatannya oleh tim medis yang sudah bersiaga.

Tidak itu saja, jajaran Ditlantas Polda Jateng juga memeriksa kelayakaan kendaraan bus dan kelengkapan surat-suratnya. Kegiatan  ini dipimpin langsung oleh Kapolres Salatiga AKBP Happy Perdana Yudianto dan Wakapolres Kompol Dyah Hapsari.

Para sopir dan kernet yang masuk terminal dibawa ke ruang pemeriksaan kesehatan. Mereka ditanya keluhan dan diperiksa tekanan darahnya. Kemudian tim medis memberikan obat bila awak bus memiliki keluhan kesehatan. Sopir bus PO Gunung Harta jurusan Bali – Semarang, Komang, 50, mengeluhkan sedikit pusing, sehingga tim medis memberikan obat dan vitamin.

Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, awak bus diminta untuk menjalani tes urine untuk mengetahui apakah mengkonsumsi obat -obataan terlarang atau tidak.  Setelah pemeriksaan kesehatan selesai, petugas memeriksa fungsional kendaraan dan surat-suratnya. Kelengkapan fungsional kendaraan meliputi, rem, lampu, wiper dan lainnya.

Happy mengatakan, pemeriksaan kesehatan, tes urine dan kelengkapan surat-surat dan fungsional kelengkapan kendaraan ini  merupakan rangkaian dari operasi Ramadnya dan bekerjasama dengan BNK, Dinas Kesehatan, Dishub selaku pengelola Terminal Tingkir.

“Tes kesehatan dan operasi kelayakan kendaraan ini bertujuan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang, sehingga saat mudik nanti, kondisi kesehatan para kru bus ini harus benar-benar fit dan tidak ada yang mengkonsumsi narkoba,” papar Happy. Demikian pula  dengan kondisi bus juga harus layak jalan, semua fungsi- fungsi kelengkapan bus harus berfungsi dengan baik.

Dalam razia kemarin, tidak ditemukan adanya awak bus yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang. ”Tidak ada yang terkena razia, hanya saja tadi ada surat kelengkapan kendaraan yang hampir mati uji berlakunya dan mati SIM-nya. Kita hanya langsung beri peringatan untuk segera menguji kir dan memperpanjang SIM,” terangnya. (sas/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here