31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

Bumikan Pancasila, TNI Latih Patriotisme Siswa

DEMAK-Kegiatan pekan Pancasila yang dijalankan Kodim 0716 Demak menjadi momentum untuk mensosialisasikan dan membumikan dasar Negara tersebut ke para generasi muda, termasuk para siswa yang aktif dalam pramuka. Selain untuk memperkuat wawasan kebangsaan (wasbang) tentang Pancasila, juga wasbang tentang Bhinneka Tunggal Ika. Pekan Pancasila yang mengusung tema Aku Indonesia, Aku Pancasila ini berlangsung di Kantor Koramil 13/Karangawen.

Danramil 13/Karangawen, Kapten Inf Edy Suwarso mengatakan bahwa kegiatan tersebut, untuk memperdalam pemahaman, penghayatan dan pengamalan Pancasila. Hal ini dilandasi oleh Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. “Keppres tersebut juga menyebutkan bahwa mulai 2017, Presiden menetapkan setiap tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional. Adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Sasaran kegiatannya, kata dia, terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki kepribadian Pancasila. Selain itu, terwujudnya generasi muda yang memiliki pengetahuan ketrampilan dan kesadaran dalam membela negara Indonesia serta tumbuhnya kebanggaan generasi muda sebagai warga negara Indonesia yang ber-bhinneka tunggal ika.

Sementara itu, koordinator permainan, Pasiter Kodim 0716/Demak Kapten Inf Mulyadi mengatakan, bahwa selain diisi dengan sosialisasi wasbang, pekan Pancasila juga diisi berbagai permainan di antaranya adalah water estafet, permadani terbang, tongkat estafet, serta bola tali dan holahop. “Materi outbond tersebut, merupakan suatu permainan di lapangan dengan penuh semangat dan gembira. Juga permainan ini untuk membentuk jiwa korsa dan kebersamaan para generasi muda, terutama pelajar,” tuturnya. (hib/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here