32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Aqua Pasarkan Produk Dampingan CSR

WONOSOBO–Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Tirta Investama Aqua Wonosobo membuahkan hasil. Para kelompok petani dan UMKM yang sudah didampingi selama lebih dari tiga tahun, mampu berproduksi. Bahkan, produksinya layak dipasarkan.

Humas PT Tirta Investama Aqua Wonosobo, Anis Fuad, menyampaikan, pihaknya sudah lebih dari tiga tahun mendampingi kelompok masyarakat dari beberapa desa di Wonosobo. Pendampingan melalui program CSR, dengan menujuk pendamping pihak ketiga. Pendekatan pendampingan melihat potensi yang dimiliki.

“Jadi, setiap desa dan komunitas masyarakatnya beda-beda. Maka, pendampingnya juga berbeda,” kata Anis didampingi Kepala Pabrik PT. Tirta Investama Aqua Wonosobo, Sutoto Mulyo, yang belum lama menjabat menggantikan pimpinan lama, Suparman.

Anis mencontohkan, semisal pendampingan di Desa Kongsi—karena sebagai besar penduduknya petani padi—maka yang diberdayakan adalah cara bercocok tanam yang sehat. Dari pendampingan ini, sudah menghasilkan produk beras sehat. Sebelumnya, petani bercocok tanam dengan pengobatan pestisida. Saat ini, dengan pendekatan murni organik. “Beras sehat sudah bisa kita produksi. Sebulan rata-rata 2 ton.”

Selain beras, kata Anis, pihaknya juga mendampingi para ibu rumah tangga di Kelurahan Kejiwan, Kelurahan Kalibeber, Kelurahan Blederan. Selain program pembangunan sanitasi, para ibu rumah tangga dilatih UMKM.

Hasilnya, mereka sudah menghasilkan sedikitnya 40 jenis makanan olahan kemasan siap edar. “Semua makanan olahan saat ini bisa didapatkan di sepanjang Wonosobo menuju Dieng, karena kami buka kerjasama pemasaran dengan toko oleh-oleh.” Khusus beras sehat, kata Anis, pihaknya menggunakan Aqua Home Service (AHS) sebagai tempat pemasaran. (ali/isk)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here