32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

Polres Bedah Rumah Veteran RI, Mbah Suryono

Pantang Mengemis, Meski Miskin dan Sebatang Kara

Kondisi rumah Suryono, 80, warga Jaraksari Wonosobo, jauh dari kata layak. Mantan pejuang kemerdekaan RI itu, hidup di sebuah rumah berukuran 5 x 4 meter per segi. Oleh Polres Wonosobo, Sabtu (10/5) lalu, rumah mantan BKR (Badan Keamanan Rakyat) itu dibongkar. Tepatnya, dibangun lagi agar layak huni.

MBAH Suryono—sapaan intimnya—seorang pejuang kemerdekaan. Bersama veteran lain, ia turut berperang melawan penjajah Belanda dan Jepang. Mbah Suryono bahkan ikut berjuang bersama arek-arek Surabaya pada pada 10 November 1945. Ia tergabung dalam BKR, cikal-bakalnya TNI. Setelah pertempuran, Mbah Suryono memutuskan kembali ke Wonosobo hingga sekarang.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pria yang mahir berbahasa Jepang ini, bekerja sebagai pencari barang bekas. Mbah Suryono menolak meminta-minta, meski hidup sebatang kara, bahkan sangat miskin. “Tasih saget nyambut damel. Mboten meh ngemis (Masih bisa kerja. Tidak akan mengemis),” katanya.

Setelah mendapat persetujuan dari Mbah Suryono dan perangkat Kelurahan Jaraksari—juga dibantu warga sekitar—belasan anggota Unit Dalmas Polres Wonosobo membongkar rumah Suryono. Pembongkaran dipimpin Waka Polres Wonosobo Kompol Umi Mariati S.I.K. “Targetnya, sebelum Idul Fitri, rumah Mbah Suryono sudah bisa dihuni lagi,” kata Kompol Umi.

Ketua RW 02 Jaraksari, Subarjo, menyambut baik kegiatan tersebut. Kondisi rumah Mbah Suryono sangat rapuh. Atap yang terbuat dari seng, banyak yang bocor. “Kondisinya juga cukup menyedihkan, karena juga digunakan untuk menyimpan barang bekas sebelum dijual ke pengepul.”

Terpisah, Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan S.I.K. melalui Kepala Sub-Bagian Humas AKP Agus Priyono S.H. mengatakan, pembangunan rumah akan dilaksanakan oleh kontraktor, dengan tenaga pembangun dari anggota Polres Wonosobo. Juga warga sekitar.

“Anggarannya menggunakan dana kemanusiaan Polres Wonosobo. Program ini merupakan salah satu dari beberapa kegiatan kemanusiaan lain yang telah dilaksanakan selama Ramadan.” AKP Agus berharap, “Semoga dengan dibangunnya rumah Mbah Suryono nanti, kehidupannya akan menjadi lebih baik, juga lebih sehat.” (ali/isk)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here