Terminal Terboyo Dipindah ke Demak

Lokasi di Jalan Lingkar Demak

21808
TAK LAYAK: Terminal Terboyo saat dilanda rob, Jumat (2/6) lalu. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
TAK LAYAK: Terminal Terboyo saat dilanda rob, Jumat (2/6) lalu. (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Bencana rob dan banjir yang kerap menenggelamkan Terminal Terboyo Semarang, membuat pemerintah pusat sebagai pengelola terminal tipe A turun tangan. Rencananya, terminal legendaris tersebut akan dipindah ke Kabupaten Demak pada 2019 mendatang. Lokasinya bersebelahan dengan pintu keluar tol Semarang-Demak.

BacaJadi Terminal Peti Kemas

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng, Satriyo Hidayat, menegaskan, pemindahan terminal akan dibarengkan dengan pembukaan jalan tol Semarang-Demak. Dalam pembangunan terminal tersebut, pihak Pemkab Demak mendapat bagian porsi untuk mempersiapkan lahan. Sementara pemerintah pusat yang akan melakukan pembangunan lewat kucuran dana APBN.

Dari informasi yang dia terima, lahan untuk terminal sudah disiapkan Pemkab Demak. Hanya saja, untuk pengerjaan lahan, baru dianggarkan melalui APBD setempat pada 2018.

”Kalau tahun ini dimulai, berarti Bupati Demak harus membuat keputusan penunjukan lokasi. Mengenai Amdal dan DED (Detail Engineering Design), akan dilakukan pemerintah pusat selaku pemrakarsa. Pemprov tidak ambil bagian karena itu terminal tipe A yang menjadi kewenangan pemerintah pusat,” jelasnya.

Jika sudah digeser ke Kabupaten Demak, eks Terminal Terboyo akan difungsikan sebagai terminal truk, sesuai permintaan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Saat ini, Dishub Jateng tengah mengkaji mengenai trayek keluar-masuk ke termimal tersebut.

Baca :

”Pemkot mendeklarasi akan menghapus terminalnya (Terboyo, Red), dijadikan tempat parkir truk. Kan tidak bisa semudah itu. Trayek yang di situ mau dipindah ke mana? Maka tahun ini, kami sedang inventarisasi untuk mencari jalur dulu,” ungkapnya.

Awalnya, Pemkot Semarang mengarahkan agar trayek dipindah ke Terminal Penggaron. Tapi, agaknya tidak bisa direalisasikan, karena justru menambah kepadatan lalu lintas menuju terminal. Termasuk jika akan dialihkan ke Terminal Bawen atau Terminal Mangkang. Kemungkinan akan dibuatkan shelter di Terboyo. ”Jadi, bus tak perlu nongkrong tapi langsung balik. Beberapa solusi mesti dipikirkan,” katanya.

Sekda Kabupaten Demak, Singgih Setyono saat menghadiri kegiatan tarawih keliling di Masjid Baitun Naim, Desa Bandungrejo, Mranggen, Demak, Senin (5/6) malam, mengungkapkan, Pemkab Demak telah menyiapkan lahan untuk lokasi calon terminal.

”Terminal Terboyo yang sudah tenggelam itu akan diganti di Demak, lahan sudah ada seluas 5 hektare di Jogoloyo, Demak, di dekat jalan lingkar,” ujarnya.

Jika nantinya terminal tipe A itu akan dibangun di Demak, lanjutnya, daerah ini akan menjadi singgahan. Tentunya ekonomi akan tumbuh. ”Nanti jadi terminal tipe A, dan besar, itu (dikerjakan, Red) di tahun 2018,” imbuhnya.

Sedangkan sebagai pendukung rencana pembangunan jalan tol Semarang-Demak yang sekaligus dijadikan sebagai bendungan laut, imbuh Singgih, Pemkab Demak akan mengembangkan objek wisata Morosari di Kecamatan Sayung.

”Saya sudah melihat gambarnya. Tahun ini, pemkab akan membangun pantai Morosari, Sayung. Sudah dianggarkan Rp 25 miliar. Akan ada jalan layang, ada kapal ketika akan ziarah ke makam Syaikh Mudzakir, bisa mancing, dan nonton hutan mangrove, itu dikerjakan tahun ini,” katanya. (amh/aro/ce1)

BAGIKAN

5 KOMENTAR

  1. Berarti Semarang ga punya terminal dong, seharusnya kota besar harus punya minimal 3 terminal induk tipe A, kalo di Semarang dibangun di sebelah barat, timur dan selatan. Dari arah Jakarta di Mangkang, dari Surabaya turun di Terboyo, dari arah Yogya/Solo bisa dibangun antara Pudakpayung sampai perbatasan Kab Semarang.

  2. Oh terbukti Bukan di pindah demak. Demak akan buat terminal baru di jogoloyo. Sekarang pertanyaannya kemanakah terboyo pindah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here