32 C
Semarang
Selasa, 15 Juni 2021

Bupati Luncurkan Santunan Kematian

KAJEN-Pemkab Pekalongan dalam waktu dekat ini akan meluncurkan Program Santunan Kematian Bagi Masyarakat. Santuan kematian tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemkab Pekalongan kepada warga yang anggota keluarganya meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, Senin malam (29/5) kemarin saat melakukan tarawih keliling (Tarling) di Masjid Al Barokah Desa Linggo, Kecamatan Kajen ketika menyampaikan dialog dengan warga desa setempat.

Adapun yang berhak mendapatkan santuan kematian, kata Bupati Asip, harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, yakni masuk dalam kriteria kurang mampu. “Besaran santunan kematian akan diberikan sebesar Rp 1 juta di setiap keluarga,” ungkap Bupati Asip.

Bupati juga mengatakan bahwa pemberian santuan kematian tersebut, sesuai dengan janjinya dengan Wakil Bupati (Wabup) Arini Harimurti saat kampanye, yang tertuang dalam sepuluh mandat rakyat. Yaitu terwujudnya rumah sehat bagi warga miskin dan santuan kematian bagi warga Kabupaten Pekalongan.

Sementara itu, kegiatan lain yang sudah berjalan adalah pemberian bantuan pendidikan bea siswa kepada mereka yang kuliah, serta pembangunan rumah yang tidak layak huni. “Oleh karena itu, monggo warga desa sini, jika ada rumahnya yang rusak, mengajukan bantuan asal sesuai ketentuan,” kata Bupati Asip.

Bupati juga menjelaskan bahwa saat ini Pemkab sedang melakukan kajian

kebijakan yang saat ini sedang dirancang, terkait pemberian insentif kepada takmir masjid dan guru TPQ.

Menurutnya, meski para pengurus masjid dan para guru TPQ tidak butuh bantuan, namun sudah menjadi kewajiban Pemkab untuk membuat kebijakan yang tidak bertentangan dengan masyarakatnya dan menata masyarakatnya dengan baik. ”Kami berharap agar setiap selepas magrib di masjid dan rumah, dilaksanakan kegiatan pengajian. Hal ini lebih baik dari pada melihat sinetron televisi. Dengan mengaji, maka seluruh Kabupaten Pekalongan akan mendapatkan keberkahan bersama,” jelas Bupati Asip. (thd/ida)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here