31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Tim SMA Kebon Dalem Borong Pestasi

SEMARANG – Prestasi yang membanggakan berhasil diraih oleh tim riset siswa SMA Kebon Dalem Semarang dalam kurun waktu dua bulan terakhir (April-Mei) dengan memborong juara pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional.

Yakni juara II bidang energi alternatif pada Engineering Physic for Environmental Innovation (EPSILON UGM 2017)  yang digelar Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika UGM Yogyakarta 8 April lalu, Juara I bidang alternatif pangan dalam Nusantara Scientific Competition di Universitas Nusantara PGRI Kediri 20 Mei, Juara II pada Agricultural Engineering Event  (AEE) yang digelar di Universitas Brawijaya Malang pada 21 Mei lalu dan terakhir adalah menyabet juara I dalam ajang Lomba ’Karya Ilmiah Setara SMA’  (KISS) di IPB Bogor pada 21 Mei.

Kepala SMA Kebon Dalem Semarang, Thio Hok Lay mengatakan, prestasi tersebut tidak diraih secara instan, diperlukan persiapan yang cukup panjang. Pihak sekolah juga selalu mewajibkan siswanya untuk melakukan riset atau penilitian. ”Mustahil prestasi ini diraih dalam waktu singkat dan persiapan yang mepet, jadi ada lomba ataupun tidak siswa selalu kami dorong untuk melakukan penelitian,” katanya, Selasa (30/5) siang.

Ia mengungkapkan, sistem pembelajaran di SMA Kebon Dalem Semarang, adalah sekolah dengan basis riset atau penelitian. Jadi pihak sekolah selalu mengadakan riset di berbagai bidang ilmu pengetahuan alam ataupun sosial.

Nadya Natalia Hendrawan, salah satu anggota tim yang dikirim ke UGM mengaku cukup berat. Sebab harus bersaing dengan 274 tim yang berasal dari berbagai daerah. ”Awalnya sempat pesimistis. Tapi kemudian optimisme bangkit dan akhirnya meraih juara II,” bebernya.

Terpisah Vera Natalia, guru pembimbing siswa mengatakan jika karya anak-anak asuhannya perlu inovasi lagi dan hasilnya bisa diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat. ”Jadi temuan mereka bisa bermanfaat untuk masyarakat luas, harapannya sih seperti itu dan bisa terus dikembangkan lagi,” tandasnya. (den/zal/ce1)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here