32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

150 Biksu Tiongkok Disuguhi Gethuk

SEMARANG — Sebanyak 150 biksu asal Tiongkok mengunjungi Kelenteng Tay Kak Sie, Selasa (30/5) kemarin. Mereka datang untuk mendoakan Indonesia agar menjadi bangsa yang maju dan terbebas dari segala bencana. Yang menarik, dalam kunjungan itu, pengurus Kelenteng Tay Kak Sie sengaja menyuguhkan makanan tradisional Jawa, mulai serabi, cetot hingga gethuk. Para biksu sendiri tampak menyukai makanan tersebut. Setelah berdoa di depan altar, para biksu menyaksikan penampilan pentas wayang Potehi di halaman kelenteng.

Pimpinan rombongan, Ze Wu, mengaku sangat  mengagumi Kelenteng Tay Kak Sie yang sudah berusia 271 tahun, namun kondisinya masih terawat dengan baik. ”Meski usianya sudah tua, tetapi kondisinya masih bagus. Kelenteng ini perlu dilestarikan agar lebih menarik,” katanya.

Dikatakan, Kelenteng Tay Kak Sie juga tak lepas dari Laksamana Cheng Hoo yang berasal dari Tiongkok, dan pernah mendarat di Kota Semarang hingga mendirikan Kelenteng Sam Poo Kong. Tradisi peringatan kedatangan Laksamana Cheng Hoo juga rutin digelar di kelenteng ini setiap tahun, hingga kelenteng tersebut terkenal hingga seantero dunia. ”Setiap tahun kelenteng ini selalu memperingati Pendaratan Laksamana Cheng Hoo di Semarang, sehingga ini menjadi daya tarik tersendiri,” ujarnya.

Wakil Ketua Kelenteng Tay Kak Sie, Jimmy Lukito, mengatakan, kedatangan para biksu di Kelenteng Tay Kak Sie untuk melihat secara langsung kondisi kelenteng yang telah berusia ratusan tahun ini. ”Setelah melihat kondisinya, para biksu tersebut terkagum-kagum. Karena kelenteng masih terawat dengan baik,” katanya.

Setelah berdoa di Kelenteng Tay Kak Sie, ke-150 biksu menuju Vihara Mahavira Graha Semarang di Jalan Marina Raya Semarang. Mereka juga akan mengunjungi tempat bersejarah lainnya di Jateng. (hid/aro/ce1)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here