KEBUTUHAN UTAMA: Produk televisi dengan berbagai pilihan di Atlanta Elektronik. LG termasuk salah satu pabrikan yang terus mengikuti perkembangan teknologi televisi. (Nurchamim/Jawa Pos Radar Semarang)
KEBUTUHAN UTAMA: Produk televisi dengan berbagai pilihan di Atlanta Elektronik. LG termasuk salah satu pabrikan yang terus mengikuti perkembangan teknologi televisi. (Nurchamim/Jawa Pos Radar Semarang)

SEMARANG – Televisi sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Tak pelak, merek-merek televise terus bersaing, utamanya dari sisi teknologi.

Pabrikan asal Korea Selatan, LG, termasuk yang terus meng-update teknologi produk televisinya. Jelang akhir semester pertama tahun ini, PT. LG Electronics Indonesia memperkenalkan TV Ultra High Definition (UHD) terbarunya. Kemampuan reproduksi gambar lebih realistis, akurasi warna dan kestabilan warna dalam sudut menonton lebih lebar menjadi tiga keunggulan utama TV yang lahir sebagai generasi ketiga lini premium LG Super UHD TV ini.

Ketiga keunggulan ini tak lepas dari benaman teknologi Nano Cell yang  menjadi inovasi terkini dalam teknologi pewarnaan pada panel LCD. “Generasi terbaru LG Super UHD TV ini mewakili komitmen sekaligus keberhasilan LG untuk terus menggerakkan teknologi media penampil ke level lebih tinggi,” ujar Riki Siuwandy, Product Marketing TV LG Electronics Indonesia.

LG memberikan dua varian bentang layar bagi LG Super UHD TV terbarunya ini. Keduanya yaitu 65SJ850T yang ukuran layarnya 65inch dan 55SJ850T dengan bentang layar 55inch.  Lebih lanjut Riki Siuwandy menyatakan, teknologi Nano Cell dalam LG Super UHD TV terbaru ini merupakan penggunaan partikel khusus dalam ukuran seragam dengan diameter sekitar satu nanometer yang melapisi panel TV. Penggunaan panel dengan partikel khusus ini salah satunya berguna menyerap kelebihan pancaran cahaya gelombang warna pada tayangan.

Selain itu berpadunya  teknologi Nano Cell dengan panel layar IPS 4K pada LG 65SJ850T dan 55SJ850T ini membuat pengguna dapat menikmati kualitas tayangan yang sama meskipun menonton dari posisi berbeda hingga 60 derajat. “Dengan kemampuan ini, tak ada lagi istilah sudut terbaik menonton TV. Setiap anggota keluarga dapat menikmati tayangan dengan kaya warna dan tetap stabil meskipun dari sudut menonton yang berbeda,” ujar Riki Siuwandy.

Melengkapi kehadirannya sebagai media hiburan di tengah ruang keluarga, LG Super UHD TV generasi ketiga ini dibuat dengan dukungan memainkan konten dalam format HDR (High Dynamic Range). Meski  tak memiliki konten yang tersimpan dalam format HDR, LG Super UHD TV dengan teknologi Nano Cell ini masih dapat menikmati nuansa tayangan seperti format HDR.

Riki Siuwandy menyatakan, hadirnya LG Super UHD TV dengan teknologi Nano Cell ini di Indonesia tak lepas dari upaya LG untuk mempercepat adopsi teknologi terkini bagi masyarakat di dalam negeri. Pertama kali diperkenalkan pada kisaran awal tahun ini di gelaran akbar elektronik global, Consumer Electronics Show 2017, teknologi Nano Cell pada LG Super UHD TV generasi ketiga ini mendapat apresiasi tinggi dari berbagai media internasional. “Kini, kami membawa teknologi terkini pewarnaan pada TV LED ini bagi masyarakat Indonesia,” ujar Riki Siuwandy. (tya/smu)