32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Pejabat, Seniman dan Model Bagi Takjil Gratis

SEMARANG – Sekitar 20 model cantik dari Bayu Ramli Management tampak berjajar di traffic light Jalan Pahlawan Semarang, Minggu (28/5) sore. Mereka membagikan takjil gratis berupa snack dan minuman kemasan kepada pengendara motor yang berhenti di lampu merah.

Sembari menunggu mendapat takjil gratis, para pengendara kendaraan bermotor dihibur tiga penari yang membawakan tari Gambang Semarang. Tarian tersebut bukan diiringi tembang rekaman, tapi langsung dari gamelan yang dibawakan mahasiswa kesenian Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Beberapa pejabat dan tokoh pun turut bergabung dalam ajang bagi-bagi takjil bertema ”Gamelan on The Street’ tersebut. Seperti Sekda Jateng, Sri Puryono, Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi, hingga Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Semarang, Arnaz Agung Andrasmara.

Sri Puryono mengatakan, bagi-bagi takjil gratis ini merupakan wujud kepedulian yang menuju pada pelayanan sosial. ”Kami bukan pamer, tapi memberikan contoh kepada yang lain. Berbagi rezeki bagi yang berhak mendapatkannya,” ucapnya.

Dia pun tertarik gelaran ini melibatkan seniman yang ikut membawakan kesenian khas Semarang. Sentuhan budaya ini tentu menjadi nilai plus. ”Seperti Kanjeng Sunan Kalijaga yang memakai kesenian daerah untuk syiar agama,” imbuhnya.

Sementara itu, penggagas bagi-bagi takjil gratis, Bayu Ramli menuturkan, acara ini merupakan event tahunan yang digelar setiap awal Ramadan. Jika biasanya hanya mengajak sejumlah model saja, kali ini dia sengaja menggandeng seniman Gambang Semarang agar lebih meriah.

Menurutnya, digandengnya tari Gambang Semarang ini untuk mengangkat kembali budaya lokal yang nyaris punah. ”Agar orang Semarang kembali mengenal budaya asli Semarang. Tari ini juga untuk menyemarakkan awal puasa agar lebih meriah,” tegasnya. (amh/ric/ce1)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here