Indonesia Darurat Guru Profesional

spot_img

Kita hendaknya sadar bahwa profesi guru adalah unik. Bukan hanya kecerdasan yang diperlukan, namun yang terpenting adalah karakter khusus yang menjadi prasyarat guru bermutu, di antaranya kreatif, inspiratif, penuh kasih sayang, ikhlas dan sepenuh hati dalam menjalankan tugasnya.

Selain itu, guru juga dituntut untuk selalu belajar tanpa henti, sehingga bisa terus mengikuti perkembangan zaman. Untuk mendapatkan guru dengan kualifikasi tersebut bukanlah hal yang mudah. Perlu campur tangan pemerintah dalam mewujudkannya. Sudah saatnya pemerintah benar-benar serius mendesain guru-guru berkualitas yang tidak hanya pandai, namun juga memiliki karakter unggul.

Sebagaimana kita ketahui, di Indonesia banyak terdapat perguruan tinggi yang berada di bawah departemen atau kementerian tertentu. Hal itu tentunya bertujuan untuk menjaring calon-calon pegawai yang cerdas dan mumpuni.

STAN salah satunya, telah berhasil melahirkan generasi unggul berkualitas yang mumpuni di bidangnya. Sudah saaatnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengambil langkah yang sama dalam menjaring calon-calon pendidik berkualitas. Perguruan tinggi yang setara dengan STAN, di mana lulusannya nanti secara otomatis akan diangkat menjadi guru PNS.

Baca juga:   Pentingnya Menanamkan Karakter Positif Sejak Dini

Perguruan tinggi yang menerapkan syarat-syarat tertentu secara sistematis, misalnya dengan ujian masuk yang berstandar tinggi, test psikologis yang ketat, dan jaminan kualitas yang terukur bagi calon-calon pendidik.

Bisa dipastikan ada banyak kendala dalam mewujudkan Sekolah Tinggi Guru Indonesia, namun hasilnya akan setimpal dengan usaha yang dilakukan. Karena guru adalah pilar pendidikan, hendaknya guru adalah mereka yang benar-benar kompeten di bidangnya. Di tangan guru lah terletak masa depan generasi muda dan bangsa. Guru yang kompeten dan profesional akan menghasilkan generasi yang berkualitas. (*/aro)

Author

Populer

Lainnya