31 C
Semarang
Selasa, 4 Mei 2021

108.445 Botol Miras Dimusnahkan

SEMARANG – Sebanyak 108.445 botol minuman keras (miras) berbagai merek dimusnahkan di halaman Mapolda Jateng, Sabtu (27/5). Minuman haram itu merupakan barang bukti hasil kegiatan operasi penyakit masyarakat (pekat) yang dilakukan jajaran Polda Jateng selama tujuh hari  menjelang puasa.  Selain miras dalam botol, ikut dimusnahkan miras tradisional atau ciu sebanyak 27.679,5 liter, dan petasan 132.503 buah.

Selain itu, petugas juga mengamankan barang bukti narkoba, di antaranya sabu seberat 107,21 gram, tembakau gorilla 4,673 gram, ganja 1,902 kg serta obat daftar G sebanyak 2.290 butir.

“Barang ini didapat dari kegiatan cipta kondisi menjelang bulan puasa dan lebaran.  Seluruh jajaran diperintahkan oleh Bapak Kapolda untuk meningkatkan kegiatan. Termasuk kegiatan mandiri kewilayahan dan operasi terpusat sasaran penyakit masyarakat. Kita akan terus meningkatkan kondusivitas,” ungkap Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Djarod Padakova kepada Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.

Kegiatan operasi pekat dilaksanakan mulai 19 – 25 Mei 2017 di seluruh satwil jajaran Polda Jateng. Operasi ini untuk menjamin situasi kamtibmas yang kondusif selama bulan Ramadaan ini.

“Di luar kegiatan ini, kita juga terus melakukan kegiatan cipta kondusif. Kita bertanggungjawab untuk menciptakan kondusivitas serta memberikan rasa aman dan tenteram masyarakat,” katanya.

Kasubag Humas Polrestabes Semarang Kompol Suwarna menambahkan, pihaknya akan terus melakukan kegiatan operasi pekat demi terciptanya suasana yang kondusif di wilayah Kota Semarang. Operasi pekat juga akan dilakukan baik sebelum Ramadan hingga berlangsungnya puasa dan setelah lebaran.

“Petugas di lapangan akan terus bertindak. Pemusnahan miras diharapkan mampu meningkatkan suasana kondusivitas, terlebih pada bulan Ramadan di mana masyarakat tengah  menjalankan ibadah puasa,” ujarnya. (mha/aro)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here