32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Wujudkan Rumah Kos yang Ramah dan Aman

Pansus Pengelolaan Rumah Kos (sub)

UNDANG – Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memberikan hak kepada setiap orang untuk hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

Amanat Undang-Undang Dasar ini memberikan konsekuensi bahwa Pemkot Semarang wajib memberikan pelayanan publik dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman agar masyarakat mampu bertempat tinggal serta menghuni rumah yang layak dan terjangkau.

Tentu saja dalam perumahan yang sehat, aman, harmonis, dan berkelanjutan di seluruh wilayah Kota Semarang. Hal ini membawa konsekuensi hukum bahwa Pemkot merupakan pihak yang berwenang dan bertanggung jawab di bidang penyelenggaraan perumahan.

Dalam rangka menyelenggarakan pengelolaan Rumah Kos secara terpadu, pemenuhan hak dan kewajiban masyarakat, serta tugas dan wewenang Pemkot melaksanakan pelayanan publik, diperlukan pengaturan yang tegas dalam bentuk peraturan daerah.

Peraturan Daerah ini berdasarkan asas kepastian hukum, kesejahteraan, kebhineka tunggal ikaan, keadilan dan pemerataan, keefisienan dan kemanfaatan, kemandirian dan kebersamaan, keterpaduan, kesehatan, keselamatan, keamanan, ketertiban, dan keteraturan, dan kearifan lokal.

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here