32 C
Semarang
Sabtu, 19 Juni 2021

Satpol PP Bongkar Dua Baliho

MAGELANG—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Magelang kembali membongkar dua baliho yang telah kedaluwarsa, Rabu (24/5) kemarin. Petugas membongkar dua reklame yang tingginya sekitar 12 meter dari dua lokasi berbeda di Jalan A Yani dan Jalan Ikhlas.

“Kami sudah mendapat tembusan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP) bahwa reklame di dua titik tersebut sudah habis izinnya. Ketika pemilik dikonfirmasi, tidak ada respons, maka langsung kami bongkar,” tandas Kepala Satpol PP Kota Magelang, Singgih Indri Pranggana, Rabu (24/5) kemarin kepada sejumlah wartawan.

Singgih menjelaskan, penertiban baliho sudah sesuai dengan Peraturan Wali Kota Nomor 28 Tahun 2009 tentang Izin Pendirian Reklame. Di Kota Magelang, tambah Singgih, masih banyak papan iklan yang izinnya telah lama habis. “Namun, penertibannya menunggu waktu, karena proses pembongkaran membutuhkan tenaga ahli. Kami sengaja mengundang tukang yang khusus bisa mencopot reklame-reklame itu. Karena terus terang dari internal Satpol PP, tidak ada yang bisa membongkar. Kalaupun bisa, pasti hasilnya jelek.”

Dikatakan, kawasan tertentu sepanjang Jalan A Yani, menjadi sasaran utama penertiban, karena akan diterapkan zonasi papan iklan. “Kajian itu hasil koordinasi tim. Pembongkaran yang kami lakukan bukan hanya karena pemilik menunggak pajak saja, tetapi juga dalam rangka melakukan penataan kota.”

Setelah dirobohkan, tambah Singgih, papan reklame itu tak sepenuhnya ditahan. “Idealnya pembongkaran dilakukan oleh pemilik reklame itu sendiri. Namun, banyak pemilik yang cenderung apatis, meski sudah diberikan surat peringatan.” (cr3/isk)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here