31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

Targetkan Akreditasi A pada 2019

SEMARANG – Universitas Muhammdiyah Semarang (Unimus) akan melakukan percepatan peningkatan kualitas pada 2019 mendatang. Salah satunya dengan menargetkan peningkatan akreditasi dan penambahan jumlah doktor.

Rektor Unimus Prof Dr H. Masruki, MPd mengatakan pada Agustus mendatang, Unimus akan memasuki usia ke-18 tahun. Meskipun masih cukup muda dibandingkan universitas lainnnya, pihaknya berkomitmen untuk menggenjot sebagai perguruan tinggi yang berkualitas dari sisi kelembagaan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana agar menjadi universitas unggul, bertaraf internasional dan agamis. ”Kami menargetkan pada 2019 mendatang sebanyak 40 persen dosen sudah bergelar doktor. Saat ini hanya 16 persen saja dosen yang lulus S3,” katanya saat ditemui usai Wisuda ke-26 di Patra Semarang Hotel & Convention, Selasa (23/5).

Selain menambah dosen lulusan Strata 3, pihaknya juga menargetkan peningkatan akreditasi institusi oleh Kopertis Wilayah 6 dari B menjadi A pada 2019 mendatang. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan meningkatan sarana serta prasarana serta kualitas perkuliahan. ”Tahun ini beberapa proyek besar yakni selesainya pembangunan RS Pendidikan Gigi dan Mulut, Peresmian Fakultas Kedokteran Gigi, dan gedung kuliah ekonomi dan budaya asing serta selesainya gedung serbaguna untuk mahasiswa,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Dr Sri Darmawati, MSi menambahkan perkembangan kualitas pendidikan perguruan tinggi adalah sebuah keharusan. Pasalnya para lulusan nantinya akan dihadapkan dengan persaingan yang semakin kuat melalui Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), sehingga dibutuhkan standar yang ada dan diikuti dengan quality assurance yang terkontrol, serta capaian akreditasi yang memadai.

”Saat ini lulusan Unimus sudah bisa menempatkan lulusannya bersaing di dalam dan di luar negeri. Bahkan ada lulusan kami yang berkerja di kawasan Timur Tengah, Eropa dan Amerika,” tambahnya.

Terkait prosesi wisuda ke-26 kemarin, sebanyak 438 mahasiswa yang berasal dari 7 fakultas yang ada dan terdiri atas 93 orang lulusan profesi, 245 orang lulusan sarjana, dan 100 orang lulusan diploma. ”Saat ini kami sudah akreditasi B untuk Akreditasi Institusi Pendidikan Tinggi (AIPT). Selain itu 20 program studi telah terakreditasi B oleh BAN-PT, dan 1 program studi menyabet akreditasi A,” tutupnya. (den/ric/ce1)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here