Beranda Jateng Batang Jelang Puasa, Stok Bulog Aman

Jelang Puasa, Stok Bulog Aman

Others

BATANG–Menjelang bulan puasa atau Ramadan dan Lebaran, Bulog Sub Divre Pekalongan menyatakan stok bahan pokok aman. Baik stok beras maupun makanan penunjang lainnya, aman hingga enam bulan mendatang.

“Kami memastikan bahwa stok untuk puasa dan Lebaran untuk pantura sudah siap,” kata Kepala Gudang Bulog 606 Kandeman Batang Sutarno, saat ditemui di gudang nya, Selasa (16/5) kemarin.

Lebih lanjut, kata Sutarno, Bulog selama ini bertugas sebagai pengendali harga di pasar. Sehingga masyarakat diharapkan tenang menjelang puasa dan Lebaran mendatang. Saat ini harga komoditi pangan telah ditetapkan. Sedagkan untuk non beras seperti gula pasir, Bulog menjualnya dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp12.500, daging beku dengan HET Rp80 ribu. Kemudian, minyak goreng dengan kemasan biasa harga per 1 liternya Rp 11 ribu dan minyak goreng dengan kemasan premium per 1 liternya Rp12.500.

Dimana Gudang Bulog Kandeman sudah menyiapkan pasokan gula pasir hingga 1500 ton. Kemudian pasokan minyak goreng mencapai 1.400 liter dan daging beku hingga 800 kilogram.

“Untuk komoditi pangan non beras seperti gula pasir, minyak goreng dan daging, saat ini masih berada di distribusi Center Tegal atau gudang Sub Divre Pekalongan,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan untuk stok beras di gudang Kandeman saat ini sudah cukup hingga enam bulan ke depan, yakni bulan November. “Setiap hari stok beras berubah ubah. Namun sudah dapat dipastikan, selama enam bulan ke depan pasokan beras tercukupi,” jelas Surarno.

Melimpahnya stok beras, imbuhnya, selain untuk komersial juga untuk penyaluran Beras Sejahtera (Rastra) atau raskin. Di Kabupaten Batang pagu perbulan saat ini mencapai 797.115 kg, yang dibagikan kepada 53.141 kepala rumah tangga. Penyaluran tahap I sudah dilaksanakan pada Januari, Februari dan Maret. Sedangkan untuk tahapan selanjutnya, yakni April sampai dengan Juni, masih berjalan atau masih dalam proses. (han/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

12,298FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Tesla Halmahera

Related News