WISUDA : Kepala SMAN 2 Demak Dra Siti Asiyah MM, MPd bersama Ketua Panitia, Ahmad Munif MPd berpose dengan para siswa peraih prestasi dalam wisuda ke-29, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
WISUDA : Kepala SMAN 2 Demak Dra Siti Asiyah MM, MPd bersama Ketua Panitia, Ahmad Munif MPd berpose dengan para siswa peraih prestasi dalam wisuda ke-29, kemarin. (WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

DEMAK-SMAN 2 Demak, kemarin, melakukan prosesi pelepasan atau wisuda angkatan ke-29 terhadap 331 siswanya. Para siswa kelas XII dari jurusan IPA dan IPS tersebut berhasil lulus 100 persen dalam ujian nasional (Unas) yang dijalani sebelumnya.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran guru SMAN 2 yang telah membimbing mereka selama ini. Peran orang tua atau komite sekolah juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan tersebut. Pihak sekolah juga memberikan penghargaan kepada sejumlah siswa yang berprestasi.

Dari jurusan IPA, nilai rerata komulatif tertinggi diraih Putri Nuzulul AF dengan nilai 77.69. Disusul Alfina Rohmah dengan nilai 77.35 serta Anis Puji Lestari dengan nilai 76.65. Sedangkan, siswa berprestasi dari jurusan IPS nilai tertinggi diraih Meilina Setyaningrum dengan nilai 76.40. Disusul oleh Sintiya Wulandari dengan nilai 73.40 serta Rina Silvia Nila dengan nilai 73.21.

Kepala SMAN 2 Demak, Dra Siti Asiyah, MM, MPd mengatakan bahwa siswa peraih prestasi kebetulan putri semua. “Keberhasilan putra putri kita, lulus 100 persen. Ini berkat jerih payah ibu bapak guru. Lebih-lebih peran orang tua wali murid sehingga para siswa dapat menyelesaikan pendidikannya di SMAN 2 Demak ini,” ujar Siti Asiyah.

Dia menambahkan, orang tua wali murid selalu dilibatkan dalam memajukan sekolah. Dalam wisuda ini, pihaknya berpesan kepada para siswa yang diwisuda agar dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. “Masa depan anak-anak masih jauh. Karena itu, wisuda ini bukan akhir dari perjuangan, tapi awal meraih masa depan yang lebih baik. Kalau bisa, jangan tergesa-gesa menikah atau duduk di pelaminan dulu. Tapi, lanjutkan pendidikan setinggi-tingginya. Selain itu, jaga nama almamater kalian,” katanya.

Ketua Panitia Wisuda, Ahmad Munif MPd mengungkapkan, wisuda diramaikan berbagai penampilan kesenian serta pelepasan burung merpati dan balon ke udara. “Ini sebagai simbol, bahwa para siswa yang belajar selama 3 tahun telah diwisuda dan secara resmi dilepas pihak sekolah ke orang tuanya lagi,” katanya.

Wisuda kali ini, kata dia, mengusung tema melangkah bersama satukan tekad meraih prestasi mewujudkan generasi dengan masa depan yang kompetitif, inspiratif dan berakhlaqul karimah. “Kami berharap, para siswa yang lulus dengan kemampuannya dapat bersaing di dunia luar,” jelas dia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Anjar Gunadi melalui Kabid Pembinaan SD/SMP, Kholidin mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi prestasi yang diraih para siswa SMAN 2 Demak yang berhasil lulus 100 persen tersebut. “Kami juga bangga pada anak-anak yang berprestasi. Kalau tahun ini yang berprestasi putri semua, maka kami berharap tahun depan bisa yang putra juga,” katanya.

Dia juga berharap, para orang tua siswa yang anaknya telah diwisuda dapat membantu kelanjutan putra-putrinya ke jenjang pendidikan lebih tinggi lagi. “Ini demi masa depan adik-adik sekalian,” katanya.

Adapun, Wakapolres Demak, Kompol Sulasno juga berpesan agar siswa yang lulus melanjutkan kuliah dan tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang kurang baik. “Jaga diri kalian dengan baik, raih masa depan yang lebih baik lagi,” katanya. (hib/sct/ida)