Beranda Radar Kedu Belajar Pakai E Asik

Belajar Pakai E Asik

Others

WONOSOBO – Wacana pemberlakuan lima hari sekolah dalam seminggu, disambut antusias oleh Kepala SMP 2 Wonosobo Ellna Amperawati. Pasalnya, dengan jam sekolah mencapai 8 jam perhari, guru dituntut lebih kreatif dalam menyajikan pelajaran.

“Kreatif menjadi wajib bagi guru. Soalnya kalau tidak, siswa pasti akan bosan mengikuti pelajaran sangat lama. Sampai 8 jam,” katanya usai mujahadah siswa kelas IV jelang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMP, Sabtu (29/4).

Dikatakan, waktu belajar 8 jam tidak dianjurkan lagi memakai model pembelajaran lama. Seperti model ceramah atau pembelajaran yang cenderung monoton. Dengan 5 hari sekolah, diharapkan siswa aktif dalam kelas. “Sebenarnya model pembelajaran yang menyenangkan sudah ada. Namanya E Asik (efektif, aktif, senang, inovatif) yang menggantikan model sebelumnya Pakem Gembrot (pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot),” katanya.

Dari E Asik yang disarankan, siswa bebas memilih yang dirasa paling cocok dan menyenangkan. Varian dari model pembelajaran E Asik (kooperatif) sangat beragam. Di antaranya, model jigsaw, NHT (numbere head together), team quiz, talking stick dan sebagainya. “Setiap model memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi, sebelum memilih model pembelajaran perlu dilakukan penyesuaian dengan materi terlebih dahulu.” (cr2/ton)

Stay Connected

12,286FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here