24 C
Semarang
Senin, 19 April 2021

Terminal Bahurekso Mangkrak Akan Dijadikan Taman Parkir

spot_img
spot_img

KENDAL—Pemkab Kendal berencana mengubah Terminal Bahurekso menjadi Taman Parkir dan salah satu shelter Bus Rapid Transit (BRT). Lantaran kondisi terminal, kurang optimal dan kurang terurus.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kendal, Wiwit Andariyono mengatakan bahwa Terminal Bahurekso rencananya mau dibuat semacam taman parkir yang akan diwujudkan pada tahun 2018 mendatang. Yakni untuk tempat pemberhentian truk dan bus untuk rehat.

“Jadi, terminal akan kami buat menjadi taman parkir. Nantinya akan tetap bisa digunakan untuk tempat pemberhentian bus. Tapi juga kendaraan berat seperti truk dan trailer,” katanya, Kamis (27/4) kemarin.

Sementara kalau dibuat rest area hanya diperbolehkan bagi tempat pemberhentian truk saja. Hal ini sesuai dengan adanya rencana pada tahun 2018 mendatang, dimana Terminal Bahurekso akan digunakan sebagai shelter terakhir bagi BRT Semarang-Kendal.

“Pendanaan bagi proses pembangunan Taman Parkir ini, rencananya baru akan diajukan pada APBD Perubahan 2017 nanti. Sehingga bisa segera dikerjakan dan 2018 bisa langsung dijadikan Taman Parkir,” tandasnya.

Terminal Bahurekso yang ada sekarang, rencananya akan diperluas. Yakni tempat-tempat dan lahan yang sekarang tidak berfungsi akan dioptimalkan sebagai lahan parkir. “Jalan juga diperbaiki, penambahan fasilitas yang ada seperti bangunan, serta sarana dan prasarana lainnya,” jelasnya.

Besaran anggaran sendiri belum diketahui pasti, karena detil enginering design (DED) belum dibuat. Sehingga Dishub belum bisa menghitung HPS belum bisa ditentukan. “Hal ini juga baru bisa dilakukan, setelah adanya SK Bupati turun terkait pembangunan Taman Parkir. Anggaran belum diketahui, karena masih baru akan diajukan,” paparnya.

Sementara berkaitan dengan adanya rencana untuk pembangunan arena balap motor. Pihaknya justru mengusulkan jika pembangunan arena tersebut, lebih tepat bila ditempatkan di bagian depan Kompleks Stadion Utama Kendal.

“Kalau untuk arena balap, mungkin satu-satunya tempat yang sesuai ada di Kompleks Stadion Baru Kebondalem-Kendal. Di bagian depan bisa dimanfaatkan untuk itu, tapi harus diubah dulu agar dapat dipakai untuk balapan. Karena Terminal Bahurekso sudah tidak mungkin bisa lagi untuk itu,” pungkasnya. (bud/ida)

spot_img

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here