31 C
Semarang
Senin, 10 Mei 2021

Mantan Timses Dituntut 4 Tahun

SEMARANG – Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut majelis hakim menjatuhkan vonis 4 tahun penjara terhadap mantan tim sukses (timses) pemenangan Bupati Kebumen, Yahya Fuad, Basikun Suwandin Atmaja alias Petruk dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (26/4).

JPU menilai Petruk telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 5 ayat 1 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 Kesatu KUHP.

Tak hanya itu, JPU juga meminta hakim menjatuhkan pidana denda sebesar Rp 100 juta. Dengan ketentuan, apabila tidak mampu dibayarkan setelah satu bulan perkara memiliki kekuatan hukum tetap, maka akan diganti dengan hukuman penjara selama tiga bulan. ”Mengingat tidak ada hal yang meringankan pada diri terdakwa, maka terdakwa wajib mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata JPU.

Dalam pertimbangannya, JPU menyebutkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan. Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi. ”Sementara hal yang meringankan, terdakwa sopan, belum pernah dihukum dan menyesali perbuatannya,” ujarnya.

Atas tuntutan itu, Petruk menyatakan akan mengajukan nota pembelaan atau pledoi pada persidangan selanjutnya. ”Minta waktu seminggu untuk menyusun nota pembelaan yang mulia,” kata Petruk singkat.

Perlu diketahui, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kebumen pada Oktober lalu. OTT diduga terjadi pada suap pelaksanaan proyek di Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen.

OTT tersebut diduga terkait suap yang dalam dugaan korupsi pembahasan dan pengesahan Anggaran Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen dalam APBD-P Tahun 2016. Hingga saat ini, sudah ada lima tersangka dalam kasus itu yakni Hartoyo (Direktur PT OSMA group), Ketua Komisi A DPRD Kebumen Yudhi Tri Hartanto, Sekda Kebumen Adi Pandoyo, PNS di lingkungan Dinas Pariwisata Kebumen, Sigit Widodo dan mantan timses Bupati Kebumen, Basikun Suwandhin Atmojo alias Ki Petruk. (jks/ric/ce1)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here