32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

Ajari Promo via Online, Juga Bantu Sosialisasi Hukum

Ratusan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang masih melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tengah-tengah masyarakat di wilayah kota dan Kabupaten Magelang. Berbagai program mereka siapkan untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

PADA KKN Tematik ke-44 yang diadakan UM Magelang kali ini, sebanyak 49 desa dijadikan lokasi, baik di kota dan Kabupaten Magelang. Salah satu desa yang dijadikan lokasi KKN adalah Desa Bondowoso Kecamatan Mertoyudan, tepatnya di Dusun Kledok.

Agung Widhi Atmojo, Ketua Kelompok Mahasiswa yang mengadakan KKN di dusun tersebut mengungkapkan, mulai 3 hingga 25 April, ia bersama delapan peserta KKN lainnya, melakukan tiga kegiatan unggulan. Yakni, pembuatan nuget tempe dan infus water, bantuan belajar masyarakat, serta pemasaran menggunakan media online.

Agung menjelaskan, pembuatan nuget tempe diberikan kepada UMKM yang selama ini memproduksi tempe agar ada varian lain. Adapun pembuatan infus water, diberikan kepada 20 ibu-ibu PKK di dusun tersebut. Kegiatan lainnya, bantuan belajar masyarakat berupa sosialisasi penyuluhan hokum. Kegiatan ini digelar di serambi masjid, diikuti oleh elemen masyarakat di Dusun Kledok.

Selain itu, para mahasiswa juga memberikan pelatihan cara menjual menggunakan media online bagi 20 pemuda yang beternak burung berkicau dan ayam hutan yang diadakan di rumah penduduk. “Kami berharap kegiatan yang dilakukan dapat berkesinambungan. Termasuk, pemasaran produk serta pemanfaatan media online. Selain itu, kami juga berharap agar di Dusun Kledok ada Kelompok Belajar (Kejar) Paket C. Sebab banyak warga masyarakat di sana yang sekolah hanya sampai SMP,” kata Agung yang menjabat sebagai Presiden BEM UM Magelang.

Kadus Kledok Abdul Mukmin mengaku senang dengan adanya kegiatan KKN di dusunnya, sehingga bisa membuka wawasan warganya. Ia berharap, kegiatan semacam itu dapat berlanjut di masa-masa yang akan datang. (sct/vie/isk)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here