32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Bangun Kesadaran Hukum Melalui Upgrading

SEMARANG – Dalam rangka mengoptimalkan kinerja Penghubung Komisi Yudisial (PKY) Wilayah Jawa Tengah, kegiatan Upgrading diadakan bersama lintas organisasi dan komunitas yang tergabung dalam jejaring Sahabat Komisi Yudisial (SKY) di Wisata Tirta Nusantara, Kendal.

Sejumlah materi yang dibahas dalam acara tersebut seperti, penanganan laporan dan pemantauan proses persidangan, dasar-dasar jurnalistik hukum, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pemaparan program dan rencana aksi SKY 2017.

Koordinator kegiatan, Muhammad Farhan menjelaskan, SKY merupakan salah satu mitra strategis PKY Jateng,  dalam upaya membangun kesadaran hukum di tengah masyarakat dan memiliki peran penting mewujudkan peradilan bersih di Jawa Tengah.

”Bagaimanapun KY maupun PKY Jateng  dalam menjalankan tugas dan fungsinya tidak dapat berjalan sendiri, sehingga perlu kerja sama dengan jejaring sebagai mitra dalam melakukan pengawasan terhadap perilaku hakim,” kata Farhan kepada Jawa Pos Radar Semarang, dalam acara bertemakan ’Optimalisasi Peran Sahabat Komisi Yudisial dalam mendukung tugas dan Fungsi Komisi Yudisial’, Senin (24/4).

Dalam acara tersebut, juga diberikan materi tentang tugas dan fungsi KY, termasuk cara membangun komitmen SKY dalam menciptakan peradilan bersih, dengan metode experiential learning, yaitu untuk menciptakan pelaksanaan kegiatan yang komunikatif, interaktif, partisipatif, aplikatif, dan produktif.

Sementara itu, Ketua Umum SKY Jateng, Galih Chandra Bayu Aji mengaku senang memperoleh banyak manfaat dari kegiatan Upgrading tersebut. Menurutnya, Upgrading merupakan kegiatan pendidikan dan pelatihan, dalam upaya pengembangan kapasitas SDM sekaligus menjalin keakraban dan memperkuat forum komunitas SKY, yang dilaksanakan di luar gedung dengan menikmati keindahan alam sebagai sarana membentuk pribadi yang unggul dan kuat serta berkarakter.

”Saya pribadi memperoleh banyak manfaat dari kegiatan ini, selain mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang hukum, tugas dan fungsi KY, dengan begitu kami bisa mengawal peradilan bersih untuk terwujudnya Indonesia adil dan sejahtera,” sebutnya. (jks/zal/ce1)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here