31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

Sebarkan Hoax, Melanggar Hukum

MAGELANG– Menyebarkan berita palsu atau hoax termasuk pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Para pelajar diminta bisa aktif menyaring informasi yang ada.

“Banyak informasi yang sepertinya benar padahal hoax, dan hal itu malah disebarkan, karena orang tidak mengetahui bahwa dirinya telah melanggar Undang-undang ITE,” papar Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Magelang Juwari di hadapan ratusan siswa MAN 1 Kota Magelang, Senin (17/4).

Pelajar, tambah Juwari, wajib mengetahui ranah hukum. Apalagi saat ini teknologi internet sudah bukan lagi barang mewah dan dapat digunakan oleh semua orang, termasuk pelajar.Tujuan sosialisasi Undang-undang ITE ini untuk mengingatkan agar pelajar tidak melakukan sesuatu yang melanggar hukum, baik disengaja maupun tidak disengaja dalam penggunaan internet.

Guru Pembimbing PKS MAN 1 Kota Magelang Agung Dwi Lasmono menyambut baik kegiatan tersebut karena memberikan informasi terkait dengan penyebaran informasi yang baik dan benar.

“Pengguna internet rentan menerima dan menyebarkan berita hoax, oleh karenanya perlu mendapat informasi termasuk peraturan hukumnya, agar di kemudian hari pelajar tidak menjadi penyebar berita hoax,” tutur Agung. (cr3/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here