31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

6 Tahun Tak Berkabar, Keluarga TKW Ngadu Disnakertrans

KENDAL – Tidak memberi kabar selama enam tahun bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Arab Saudi, pihak keluarga berencana akan mengadu ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kendal.

TKW tersebut diketahui bernama Musthofiatun,28. Memurut keluarga, ia baru kali pertama menjadi asisten rumah tangga di Semarang 2009. Kemudian mendaftar sebagai TKW dan berangkat ke Arab Saudi pada 2011 lalu.

Namun sejak itu, anak pasangan Kartini, 52, dan Sarpani, 60, ini tidak pernah memberi kabar. “Pada saat anak saya berangkat ke Arab, saya juga masih menjadi TKW di Arab juga. Jadi, saya tidak tahu keberangkatan anak saya,” ujar Kartini kemarin (17/4).

Dijelaskannya, proses administrasi dan syarat lainnya didampingi ayahnya. “Yang mengurus pemberangkatan anak saya nomor dua ke Arab itu, bapaknya,” tambahnya.

Kartini mengaku, kalau keluarganya memang keluarga TKW. Sebab, tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan di tanah kelahirannya. “Anak saya itu hanya lulusan SMP,” lanjunya.

Sementara itu, Sarpani, dia pernah mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Kendal, menanyakan keberadaan anaknya. Namun hingga kini,  belum ada jawaban.

“Anak saya ke Arab, kalau tidak salah lewat PJTKI  Dwi Putra Citra Mandiri. Namun sekarang,  PJTKI nya sudah tidak ada. Padahal semua dokumen anak kami ada di PJTKI itu,” tuturnya.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Kendal, Ratno mengaku belum menerima laporan terkait TKW tersebut. “Kami akan mencari PJTKI yang memberangkatkan Musthofiatun dulu,” ungkapnya.

Sekda Kendal, Bambang Dwiyono meminta kepada Disnakertrans segera mencari keberadaan Musthofiatun.  “Harus cari tahu dulu, TKW itu legal apa ilegal,” tandasnya. (bud/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here