MERIAH : Ketua IIP DIY Heriyanti Suzana memotong pita tanda dimulainya kegiatan Peringatan Hari Kartini di Balkondes Bumiharjo, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/JAWA POS RADAR KEDU)
MERIAH : Ketua IIP DIY Heriyanti Suzana memotong pita tanda dimulainya kegiatan Peringatan Hari Kartini di Balkondes Bumiharjo, kemarin. (MUKHTAR LUTFI/JAWA POS RADAR KEDU)

MUNGKID – Ikatan Istri Pimpinan (IIP) BUMN memusatkan kegiatan perayaan Hari Kartini di Balkondes Bumiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan Balkondes semakin dikenal dan bisa menjadi ruang publik aktivitas masyarakat.

Dalam peringatan Hari Kartini yang berlangsung tiga hari hingga Selasa (19/4) besok, sejumlah kegiatan digelar oleh IIP. “Lomba yang digelar bertujuan untuk mengangkat basis potensi desa masing-masing dan kearifan lokalnya,” kata Ketua IIP DIY, Heriyanti Suzana Edy Setijono, di sela-sela pembukaan acara.

Beberapa lomba yang dimaksud adalah display pameran potensi desa, lomba tari selamat datang, lomba memasak, dan penyajian menu khas lokal, serta lomba merangkai janur buah. Kegiatan diikuti masyarakat dari enam desa yang telah didirikan Balkondes. Di antaranya, Desa Borobudur, Candirejo, Bumiharjo, Wringinputih, Karangrejo, Kebonsari.

“Kita berharap masyarakat mulai memunculkan dan mengidentifikasi potensinya. Jadi, setiap desa pasti memiliki potensi dan ciri khas masing-masing. Kita berharap melalui perlombaan ini, bisa dimunculkan dan digunakan untuk promosi wisata.”

Selain lomba, IIP juga menyelenggarakan penyuluhan tentang pemanfaatan potensi desa untuk kesejahteraan keluarga. Kegiatan ini difokuskan bagi ibu-ibu rumah tangga. “Akan kita dorong supaya ibu-ibu juga berkreasi dengan adanya Balkondes. Sehingga kesejahteraan mereka akan meningkat.”

Ketua IIP BUMN Pusat, Ery Imam Apriyanto mengapresiasi langkah IIP BUMN DIY. Dia berharap, kegiaatan ini mampu men-stimulan masyarakat sekitar Borobudur untuk bergerak mengembangkan pariwisata.

Ketua PKK Kabupaten Magelang, Tanti Zaenal Arifin, menambahkan, pengembangan potensi akan melibatkan kader-kader PKK di desa-desa. Dia ingin Balkondes menjadi ruang publik untuk memamerkan potensi di setiap desa. Juga, tempat aktivitas masyarakat lainnya yang positif. (vie/isk)