PSIS Diuntungkan Perubahan Jadwal

  • Bagikan

SEMARANG – PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 2, akhirnya mengubah draft jadwal kompetisi kasta kedua yang telah beredar beberapa waktu lalu.

Di Grup 4, jika sebelumnya tim-tim kontestan termasuk PSIS Semarang juga melakoni laga tengah pekan yaitu hari Selasa, Rabu dan Kamis, di jadwal terbaru PT LIB seluruh laga babak penyisihan Grup digelar akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu.

Perubahan tersebut tentunya cukup menguntungkan bagi tim PSIS Semarang, mengingat sebelumnya manajemen tim berjuluk Mahesa Jenar melayangkan protes terkait jadwal laga tengah pekan tersebut.

“Tentunya kami bersukur, akhirnya ada perubahan jadwal. Sebab, kalau pertandingan di hari kerja, pasti jumlah penonton menurun drastis. Sedangkan di satu sisi, kami sangat membutuhkan pemasukan finansial melalui penjualan tiket. Dan saya kira, tidak hanya PSIS yang keberatan, hampir semua tim sama sama keberatan,” kata General Manajer (GM) PSIS, Wahyu ‘Liluk’ Winarto.

Selain perubahan hari, PT LIB akhirnya mengubah jadwal siaran langsung televisi. Jika semula dari total 14 laga PSIS, 9 di antaranya bakal disiarkan langsung di televisi, maka jadwal terbaru di Grup 4 tidak ada laga yang disiarkan langsung.

Siaran langsung terbanyak ada di Grup 3 dan 5. Di Grup 3 dihuni oleh PSS Sleman total terdapat delapan laga yang disiarkan langsung. Sedangkan Grup 5 yang salah satu kontestannya adalah Persebaya, total ada sembilan laga yang disiarkan televisi.

“Siaran televisi di satu sisi cukup menguntungkan karena kualitas pemain jadi terpantau secara Nasional. Selain itu, bisa menarik minat sponsor. Namun kami memang cukup keberatan, karena kalau di Semarang penonton lebih memilih menyaksikan pertandingan di televisi daripada menonton langsung di Stadion, jika ada siaran langsung,” sambung Liluk.

Dalam jadwal terbaru, tercatat hanya hari pertandingan yang mengalami perubahan. Pada putaran pertama tim Mahesa Jenar akan melakoni empat laga kandang dan tiga laga tandang. Kemudian di putaran kedua Johan Yoga dkk akan melakoni tiga laga kandang dan empat tandang.

Terpisah, Head Coach PSIS, Subangkit mengaku perubahan jadwal laga tim Mahesa Jenar itu tidak terlalu berpengaruh terhadap persiapan akhir, menjelang kompetisi yang kini tengah dilakoni oleh timnya.

“Laga perdana juga tidak ada perubahan. Kami akan melakoni laga tandang lawan Persipur 22 April. Secara keseluruhan tidak ada masalah, jadwal cukup normal. Kami main seminggu sekali yang tentunya, masa recovery pemain sudah cukup,” bebernya. (bas/ida)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *