32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Kejari Kubur Mobil APV

MUNGKID— Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Magelang melakukan pemusnahan sejumlah barang bukti hasil kejahatan di wilayah hukumnya. Barang bukti yang dimusnahkan tersebut sudah memiliki ketetapan dari pengadilan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Magelang, Eko Hening Wardono mengatakan seluruh barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara dikubur dan dibakar. Proses pemusnahan dilakukan di belakang halaman kantor Kejari Mungkid dipimpin kajari beserta beserta jajaran dan kepolisian, serta Pemkab Magelang.

Salah satu barang bukti yang dimusnahkan adalah sebuah mobil APV warna hitam AB 7493 VH. Mobil ini dipakai oleh terpidana Kusdarmanto, mantan Brimob Polda DIY untuk membunuh tiga orang dalam kasus perampokan di Gulon Kecamatan Salam Kabupaten Magelang 2009 silam.

Selain mobil APV beberapa barang bukti yang dimusnahkan di antaranya narkoba, senjata tajam, ratusan botol minuman keras, dan alat-alat perlengkapan hisap sabu. Barang bukti tersebut dirusak dan ditimbun di halaman belakang dengan maksud agar tidak bisa dipergunakan kembali.

“Semua barang bukti sudah punya kekuatan hukum tetap, sehingga sesuai aturan atau prosedural sudah sah untuk dimusnahkan agar tidak bisa disalahgunakan kembali,” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari tugas jaksa untuk mengeksekusi barang bukti terhadap perkara yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dan dilaksanakan secara berkala paling lambat 3 bulan sekali. (vie/lis)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here