28 C
Semarang
Sabtu, 12 Juni 2021

Siapkan Tari Kolosal 400 Orang

MAGELANG – Prosesi budaya Grebek Gethuk akan mebali digelar pada Minggu (16/4) mendatang di Alun-alun Kota Magelang. Acara ini merupakan puncak peringatan Hari Jadi ke-1.111 Kota Magelang.

Ketua Seksi Prosesi Budaya dan Grebek Gethuk Joko Budiyono mengatakan, acara terbagi dalam 3 bagian. Yaitu kirab Mantiasih disertai kirab kereta kencna, upacara berbahasa Jawa, dan prosesi menggrebek dua gunungan gethuk lanang-wadon. Selain itu juga ada 17 gunungan palawija dari 17 Kelurahan yang akan dilombakan.

“Bedanya, kami ubah tata letak panggung yang biasanya menghadap ke utara, sekarang menghadap ke selatan,” kata Joko belum lama ini.

Ketua 4 Hari Jadi Kota Magelang Djarwadi menambahkan, kegiatan ini melibatkan sekitar 400 orang. Terdiri dari seniman, Pepadi, pelajar, TNI, Polri untuk menampilkan pergelaran tari kolosal. Tarian ini menceritakan lahirnya Kota Magelang. “Keterlibatan mereka ini untuk menunjukkan kecintaan mereka pada Kota Magelang,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten 1 Setda Kota Magelang Mujirohman berharap acara ini mampu menarik wisatawan untuk datang ke Kota Sejuta Bunga sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan potensi-potensi unggulan Magelang. (put/ton)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here