32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

IAIN Kembangkan Bisnis Konsep Syariah

SALATIGA – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga menggandeng PT Lor Internasional Hotel (LIH) untuk mengembangkan bisnis dengan konsep syariah. Selain bersifat bisnis, kerja sama ini dapat dijadikan refleksi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PT LIH dengan IAIN Salatiga di Al Fawwas Ballroom Syariah Hotel Solo, Selasa (11/4). Penandatanganan MoU ini diharapkan dapat memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak, baik dari sisi pendidikan di perguruan tinggi maupun bisnis.

Direktur Utama PT Lor Internasional Hotel (LIH) Purwanto Yudhonagoro mengatakan, kerja sama tersebut adalah tindak lanjut dari beberapa agenda kegiatan IAIN Salatiga di Syariah Hotel Solo. Agenda ini berupa pertemuan kelembagaan yang melibatkan para sivitas akademik.

“Kerja sama ini jika kita cermati lebih lanjut terdapat benang merah, khususnya antara Syariah Hotel Solo dengan IAIN Salatiga yang sama-sama bernafas Islami. Selain bersifat bisnis, kerja sama ini dapat dijadikan refleksi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Sehingga kerja sama legal ini dapat memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak,” ujar Purwanto.

Sementara, Rektor IAIN Salatiga Dr Rahmat Hariyadi menyampaikan, pihaknya mengapresiasi positif langkah PT LIH Group untuk mengandeng kerja sama secara legal bersama IAIN Salatiga. “Tujuan kami adalah mencari teman sebanyak-banyaknya untuk bersama membangun Kota Salatiga menjadi lebih dengan konsep berbasis syariah melalui MoU PT LIH dan IAIN Salatiga,” terangnya.

Menurut Rektor IAIN Salatiga, tidak hanya dapat menjadi refleksi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Syariah Hotel Solo khususnya, dinilainya menjadi jembatan yang tepat dan sesuai untuk para sivitas akademik dalam pengembangan lembaga maupun dalam pengembangan akademik.

Menurutnya, selama ini IAIN Salatiga menemui kesulitan dalam mengajak kerja sama yang sesuai dengan konsep Islami dan bernafas syariah. Mulai tahun 2015 setelah berubah menjadi IAIN Salatiga terus mengembangan dari berbagai aspek, misalnya dari pembangunan 2 gedung di komplek kampus 3. (sas/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here