26 C
Semarang
Rabu, 9 Juni 2021

Korban Kecelakaan Dibiayai Jasa Raharja dan BPJS

SEMARANG – Korban kecelakaan lalu lintas yang mengalami luka-luka dan dirawat di Rumah Sakit akan mendapat bantuan pembiayaan dari  PT Jasa Raharja Jateng dan BPJS Kesehatan. Maksimal biaya yang ditanggung Jasa Raharja sebesar Rp 10 juta sedangkan jika lebih dari itu ditanggung oleh BPJS.

”Dengan catatan ada laporan ke pihak kepolisian dan korban masuk dalam program BPJS. Begitu ada laporan kecelakaan tim dari kami akan langsung jemput bola dengan datang ke rumah sakit untuk melakukan proses pembayaran,” ungkap Kepala Bagian Asuransi Jasa Raharja Jateng, I Wayan Kastika, di sela sosialisasi Jasa Raharja dan BPJS Kesehatan di Car Free Day (CFD) Jalan Pahlawan, Minggu (9/4) kemarin.

Menurutnya berita acara kepolisian tentang laporan kejadian kecelakaan menjadi dasar PT Jasa Raharja untuk menyelesaikan santunan. ”Syarat santunan cair adalah laporan kepolisian, untuk itu kami juga bekerja sama dengan kepolisian,” tegas Wayan.

Kepala Cabang Utama BPJS Kesehatan Semarang, Bimantoro membenarkan pihaknya wajib melanjutkan biaya perawatan korban kecelakaan. ”Tapi syaratnya punya kartu jaminan kesehatan nasional,””jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Klaim PT Jasa Raharja Jateng Oloan Sianipar mengungkapkan, pada periode Januari-Maret 2017, jumlah klaim yang dibayarkan sebesar Rp 39,4 miliar. Jumah itu menurun 33 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu yang tercatat Rp 59,3 miliar. ”Ini juga menunjukkan angka kecelakaan juga menurun,” jelasnya.

Upaya menurunkan angka kecelakaan ini akan terus dilakukan bekerja sama dengan pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng. Antara lain dengan memasang rambu-rambu lalu lintas di sejumlah lokasi rawan kecelakaan dan memberikan sosialisasi serta pelatihan safety riding. (mg26/zal/ce1)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here