32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Dinkes Bagi Kloset Gratis

BATANG – Dinas Kesehatan Kabupaten melalui Puskesmas Limpung membagikan 15 unit kloset gratis kepada masyarakat yang belum mempunyai sanitasi. Pembagian dilaksanakan di Desa Sempu, Kecamatan Limpung,  Jumat (7/4).

Pembagian, disaksikan perangkat desa setempat, unsur TNI dan Polri yang tergabuing dalam Tim Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). “Pemberian ini tidak hanya berupa kloset, tetapi juga lengkap dengan pipa paralon, besi dan dua sak semen dengan harapan warga yang menerima tidak perlu repot-repot membeli bahan material penunjang pemasangan,” jelas Kepala Puskesmas, dr Julhendro Gunawan.

Dijelaskannya, pembagian kloset ini merupakan bagian dari program rutin Dinkes untuk sanitasi. Pria yang punya julukan Dokter Peduli Sanitasi ini tak henti-hentinya memberi arahan kepada masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. Dirinya berharap warga yang menerima tidak menyia-nyiakan bantuan ini.

Dalam program kesehatan masyarakat, termasuk sanitasi ini, pihaknya selalu melibatkan bidan desa. Di Desa Sempu, bidan desa yang diajak adalah Siti Zulaikha dan Petugas Kesehatan Lingkungan Sucimanah dari Puskesmas Limpung.

Juga meminta kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas turut mengingatkan warga agar segera memasang kloset yang telah diterima dan jika perlu akan turun tangan langsung membantu pengerjaannya.

Ditambahkan dokter yang dikenal ramah ini, dirinya sering keluyuran ke kampung-kampung melihat sanitasi penduduk. Untuk memberikan contoh langsung bagaimana mengelola dan merawat sanitasi dengan baik.

“Ke depan kami akan berupaya menyalurkan bantuan serupa ke masyarakat desa lain. Sehingga nantinya kebutuhan sanitasi sehat akan terpenuhi semua di Kecamatan Limpung,” katanya. (han/sct/ric)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here