26 C
Semarang
Senin, 7 Juni 2021

Perangkat Desa Harus Gesit

BATANG – Desa Sempu yang menjadi desa sentral di Kecamatan Limpung, kini sudah mempunyai perangkat desa yang lengkap untuk menjalankan roda pemerintahan. Perangkat desa yang baru diminta gesit dalam menjalankan tugasnya.

Perangkat yang dilantik adalah Wiwit Ariyanto, 34, sebagai Kepala Dusun Sempu Tengah dan Doni Prestiawan, 38, sebagai Kasi Pemerintahan.

Kades Sempu Puji Hantoro, yang melantik dan mengambil sumpah dua perangkat baru tersebut meminta agar mereka dalam bekerja lebih bagus. Mengingat Desa Sempu termasuk wilayah sentral di Kecamatan Limpung, sehingga semua perangkat desa harus cerdas dan gesit dalam menangani roda pemerintahan desa. “Saya minta perangkat yang baru bisa lebih gesit, cekatan dan bagus kinerjanya,” ucapnya pasca pelantikan, Kamis (6/4).

Dijelaskan Kades, sebelum terpilihnya dua perangkat tersebut sudah terlebih dahulu dilakukan ujian penjaringan pada Maret. Ujian diikuti oleh empat kandidat, yang pelaksanaannya diawasi langsung oleh Muspika Kecamatan Limpung dan Dispermades. “Penilaian juga dilaksanakan saat itu juga dengan terbuka sehingga tidak menimbulkan prasangka ataupun keberatan dari calon yang kalah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kades Sempu Puji Hantoro menyatakan, terkait penggunaan Dana Desa juga disinggung agar masyarakat tahu. Bahwa tidak bisa digunakan secara sembarangan. “Dana Desa itu tidak bisa sembarangan penggunaannya. Semua harus melalui prosedur dan sesuai dengan perencanaan dan APBDes. Masyarakat jangan asal minta dibuatkan sarana umum jika belum masuk dalam perencanaan,” tegasnya.

Camat Limpung Windu Suriadji meminta agar bisa terjalin koordinasi dan komunikasi yang baik antara Kades dan perangkatnya. Sehingga bisa kompak dalam bekerja, dan pelayanan desa bisa maksimal dan warga terpuaskan.

Danramil Limpung Kapten Inf Sugito yang hadir juga memberikan masukan, bahwa aparatur desa sebagai ujung tombak pemerintah juga harus turut dalam menanggulangi bahaya yang mengancam negara. Terutama dalam menangkal radikalisme yang mengikis persatuan.

Sedangkan Kapolsek Limpung AKP Raharja memaparkan tentang keamanan lingkungan dan bahaya narkoba yang mengancam generasi penerus dan saat ini sudah masuk ke Limpung. “Perangkat desa dan warga hendaknya bersatu demi keamanan, kedamaian dan kenyamanan bersama,” katanya. (han/sct/ric)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here