Jangan Takut dengan Wartawan

  • Bagikan

SALATIGA – Humas di semua instansi jangan sampai bingung saat menjawab pertanyaan wartawan. Humas memiliki tugas untuk menciptakan branding bagi instansi masing-masing. Humas seharusnya ikut dalam proses keluarnya sebuah kebijakan.

“Wartawan adalah mitra, asal kita memberikan keterangan sesuai fakta itu sudah benar. Namun cara menyampaikan juga harus benar, oleh karenanya jam terbang humas juga dibutuhkan,” terang Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Teguh Yuwono saat menjadi pembicara dalam Sosialisasi Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) yang dilaksanakan Bagian Humas Setda Kota Salatiga di Ruang Kaloka Gedung Setda, Rabu (5/4).

Teguh dalam paparannya menjelaskan, selayaknya humas dilibatkan dalam penyusunan kebijakan, sehingga ketika ada pertanyaan yang muncul dari luar, mereka akan bisa menjelaskan. “Humas memiliki tugas untuk menciptakan branding bagi instansi masing-masing, bagaimana mungkin humas akan menciptakannya jika dalam proses kebijakan tidak turut serta,” ungkapnya.

Acara tersebut dibuka Pj Sekda Sri Wityowati dan dihadiri oleh 100 peserta yang berasal dari humas tiap instansi di Kota Salatiga. Diantaranya humas Polres, Kodim 0714, Kemenag, PLN, perguruan tinggi, sekolah dan lembaga lain yang dibiayai oleh negara. Selain Teguh, pembicara lainnya adalah Asisten II Sekda Daryadi dan Evi Sulistyorini dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah. Evi Sulistyorini, selain mengungkapkan sinergitas Bakohumas dalam pengelolaan komunikasi publik juga menjelaskan kiat-kiat menyaring pemberitaan yang dinilai hoax. (sas/ton)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *