32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Bagas-Bagus, Si Kembar Pemain PPSM Yunior Masuk Timnas U16

Sebuah pencapaian membanggakan di bidang sepakbola diraih anak Magelang Amiruddin Bagus Kaffi Alfikri dan Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi. Si kembar tersebut, baru-baru ini lolos masuk seleksi tim nasional U16.

Latihan keras dan sportivitas tinggi ikut menunjang masukknya Bagas dan Bagus sebagai penggawa Timnas U16. Mereka selama ini telah bergabung dengan beberapa klub sepakbola. Tak hanya dari Indonesia, tapi juga mancanegara.

Si kembar sejak kelas 1 SD sudah masuk di SSB Putra Harapan Kota Magelang di bawah asuhan pelatih Yeyen dan Teguh Sutrisno. Kedua pemain muda ini tercatat pernah bergabung dengan SSB Gelora Putra Deltras (Sidoarjo), SSB Blue Eagle (Jakarta), SSB Undip, SB Putra Kalimantan Tengah. Mereka juga menambah pengalaman dengan bergabung di klub Fren United Malaysia dan Chelsea Singapura.

Bagas dan Bagus sebelumnya juga masuk dalam Timnas U13 dan berhasil meraih juara 1 di Filipina. Prestasi individu juga ditunjukkan Bagas ketika menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejumlah turnamen. Seperti Piala Danrem 074, WRT Cup U15 tahun 2017 dan Piala Menpora 2016. Sementara Bagus menjadi top skor Arema tahun 2016.

Bagaimana perasaannya bisa lolos seleksi Timnas U16? Bagus dengan malu-malu mengaku bangga. Ia merasa tidak mempunyai kendala ketika harus bermain dengan pemain lain yang baru dikenal. “Karena sudah terbiasa bergabung dengan klub-klub lain,” aku Bagus yang tinggal di Sindas RT1/RW 9 Pancuran Mas Secang, Magelang.

“Unik, begitulah bisa dikatakan, Bagas dan Bagus ini kalau berada di lapangan seperti punya chemistry yang kuat. Di mana Bagas menggiring bola di situ juga Bagus akan berada di dekatnya ataupun sebaliknya,” tambah Ari Mustiantoro, pelatihnya di SSB Barito II yang juga pelatih PPSM Sakti Yunior U17.

Pengalaman Bagas dan Bagus yang pernah bergabung di Fren United Malaysia menambah keterampilannya dalam mengolah bola di lapangan. Sampai sekarang setiap minggu Bagas dan Bagus juga masih bolak-balik ke Singapura untuk bergabung dengan Chelsea Singapura di bawah asuhan coach Riz.

Meski padat dengan kegiatan sepakbola, si kembar tetap tidak mengabaikan pendidikan. Mereka mengikuti sekolah di PKBM Kuncup Mekar Kota Magelang di bawah asuhan Tin Ari P. Dengan demikian prestasi dan pendidikan bisa berjalan seimbang.

Orang tua si kembar, Yuni Puji Istiono dan Dewi Kartikasari mengaku bangga dengan prestasi anak-anaknya. Diceritakan, si kembar lahir di sebuah rumah sakit Islam di Kota Magelang melalui persalinan normal dibantu dokter Sunarko. Keduanya lahir pada 16 Januari 2002 dengan berat 2,6 kg dengan selisih waktu 5 menit.

Besar di lingkungan keluarga yang mendukung kemampuannya dalam olah raga sepakbola, Bagas dan Bagus mendapatkan perhatian penuh dari sang ayah. “Tidak hanya pola jam berlatihnya tetapi juga asupan gizi dan jam istirahat saya perhatikan. Namanya juga masih anak-anak kadang masih kurang bisa membagi waktu,” kata Yuni Puji Istiono.

Menurut Yuni, bakat bermain bola ini muncul karena saat kecil, oleh neneknya, si kembar diberi bola di tempat tidurnya. Itu dilakukan agar mereka tidak rewel, mengingat kala itu ayahnya masih sibuk sebagai kepala desa dan sang ibu menjadi tenaga pengajar. Harapan orang tuanya, Bagas danBagus bisa terus berprestasi dan menjadi anak yang saleh, bisa membawa nama harum daerahnya.

Harapan senada diungkapkan Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Kota Magelang Jarwadi. Ia berharap dengan masuknya Bagas dan Bagus di Timnas U16 bisa membangkitkan anak-anak lain untuk berprestasi. Tidak hanya di sepakbola tetapi juga bidang lain. Sehingga bisa mengangkat nama Magelang. Pemerintah akan mendukung prestasi yang dimiliki setiap putra daerah tanpa ada batasan.

Setelah berhasil masuk Timnas U16, Bagas dan Bagus harus segera mempersiapkan diri untuk berlaga di Piala AFF di Thailand pada 9-22 Juli 2017. Mereka akan berlaga di bawah asuhan pelatih Fahri Husaini. (ima/sct/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here