32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Kedungjaran Masuk Nominasi Pelaksana Terbaik Gotong Royong

 KAJEN – Warga Desa Kedungjaran, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan, masuk nominasi Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Capaian tersebut merupakan hasil dari gerakan gotong royong warga dalam memperbaiki jalan rusak di sepanjang Desa Kedungjaran, belakangan ini. Kondisi yang dulunya rusak parah, bahkan sering menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas, kini telah mulus.

Kemarin, Tim Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Provinsi Jawa Tengah, melakukan kunjungan ke Desa Kedungjaran selama dua hari.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Provinsi Jawa Tengah, Nadi Santoso, mengungkapkan  bahwa pihaknya telah melakukan verifikasi administrasi serta pendalaman materi. Saat ini sudah memasuki tahap akhir.

Menurutnya tim penilai telah menemukan banyak data yang mendukung atau hal baru dari Desa Kedungjaran. Sehingga mampu memperkuat hasil penilaian dan menjadi salah satu Desa Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2017.

“Tujuan diselenhggarakannya Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat ini, antara lain sebagai salah satu strategi untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan serta menemukan keberhasilan dan permasalahan pelaksanaan gotong royong di masyarakat,” ungkap Nadi.

Menurutnya kegiatan yang telah direncanakan oleh masyarakat Desa Kedungjaran, diharapkan terus berjalan dan dipertahankan. Sehingga hasilnya berdampak positif pada masyarakat.

“Ada beberapa aspek yang telah kita klarifikasikan, sebagaimana Permendagri Nomor 42 Tahun 2005, tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat, yaitu bidang kemasyarakat, bidang ekonomi, bidang sosial budaya, agama dan bidang lingkungan, dan Desa Kedungjaran mencakup semua aspek itu,” kata Nadi.

Sementara itu, Kepala Desa Kedungjaran, Sarijo, menegaskan bahwa masyarakat Desa Kedungjaran selama ini selalu kompak dan rukun, setiap kali melakukan kegiatan gotong royong, mulai dari kegiatan sosial hingga kegiatan umum seperti membangun rumah warga yang kurang mampu. “Dalam pelaksanaan penilaian ini, kami menyampaikan informasi secara jujur dan objektif, tanpa adanya rekayasa, seperti apa yang masyarakat kami lakukan sehari-hari,” tegas Sarijo. (thd/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here