32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

Mahasiswa Dilatih Tanggulangi Kebakaran

MUNGKID—Ancaman kebakaran bisa terjadi sewaktu-waktu dan di mana saja. Untuk mengantisipasi hal itu, Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang menggelar pelatihan tanggap darurat kebakaran. Kegiatan ini hasil kerja sama dengan UPT Damkar Kabupaten Magelang.

Kegiatan diselenggarakan oleh BEM UM Magelang. Tujuannya, memberikan pengetahuan, sekaligus kesadaran mengatasi kebakaran di lingkungan sekitar. Even ini diikuti 60 mahasiswa. Mereka berasal dari delegasi ormawa.

Menteri Sosial BEM UM Magelang, Leo Sumantri, mengatakan, kegiatan yang dihelat di kampus 2 itu bermaterikan, antara lain, teori pengetahuan dasar penyebab kebakaran; serta cara mengantisipasinya. Selain itu, materi tentang penggunaan alat-alat pemadaman, baik yang khusus maupun alat-alat yang bisa digunakan di sekitar kita.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala UPT Damkar Kabupaten Magelang Heri Prawoto bersama pasukannya. Selain mendapatkan materi berupa teori, peserta juga melakukan praktik cara menanggulangi bahaya api kecil akibat kebocoran tabung elpiji. Serta, api besar akibat korsleting. Praktik pemadaman kebakaran dilakukan di lapangan basket kampus 2 UM Magelang.

Presiden BEM UM Magelang, Agung Widiatmojo, mengapresiasi kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor III, Drs. Mujahidun M.Pd. Ia berharap rekan-rekan mahasiswa dapat mengaplikasikan bekal pengetahuan yang telah diperolehnya untuk mencegah terjadinya kebakaran. Juga dapat menanggulangi kebakaran di lingkungan tempat tinggalnya. (vie/isk)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here