28 C
Semarang
Sabtu, 12 Juni 2021

Media Berperan Cerdaskan Masyarakat

DEMAK-Keberadaan media massa dinilai cukup strategis, utamanya dalam ikut mencerdaskan masyarakat. Sebuah negara dan bangsa yang kuat dan maju, salah satunya berkat berjalannya fungsi pers yang baik dan berimbang dalam pemberitaan.

Demikian disampaikan Dandim 0716 Demak Letkol Inf Agung Udayana dalam silaturahmi dengan awak media di ruang Aula Kodim, Jalan Kiai Singkil, Kota Demak, kemarin siang.

Menurut Dandim, tugas media memang tidak ringan. Sebab, selain memberikan informasi, pendidikan dan hiburan bagi masyarakat, juga memiliki fungsi kontrol sosial. Ini sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 40 tahun 1999 tentang pers. “Setelah saya cermati, ternyata tugas media massa sangat berat,” katanya.

Ini, kata Dandim, dalam memberitakan sebuah peristiwa atau kejadian, media massa harus menaati norma-norma atau kode etik jurnalistik serta menghormati asas praduga tak bersalah. Bahkan, media juga berperan ikut menegakkan nilai nilai demokrasi dan mendorong supremasi hukum, serta menghargai kebhinekaan. “Dengan informasi yang tepat dan akurat, jurnalis sangat menentukan dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan. Disinilah, pers dapat membuat negara kuat dan masyarakat cerdas,” jelas Dandim.

Karena itu, Dandim berharap, media massa dapat bekerjasama dengan Kodim 0716 Demak agar apa yang menjadi tujuan bersama dalam menguatkan negara dapat tercapai. (hib/ida)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here