26 C
Semarang
Kamis, 10 Juni 2021

Jaga Nilai Pluralisme Cegah Perpecahan

DEMAK– Menjaga nilai pluralisme menjadi sebuah keniscayaan dalam hidup berbangsa dan bernegara. Ini penting dilakukan untuk mencegah konflik dan perpecahan. Demikian mengemuka dalam silaturahmi dan dialog kebangsaan yang digelar Kantor Kesbangpolinmas Demak di ruang Bina Praja.

Kepala Kesbangpolinmas, Taufik Rifai, mengatakan, banyak hal yang menjadi potensi perpecahan bangsa ini. Karena itu, perlu adanya sinergitas berbagai elemen bangsa untuk mencegah benih-benih perpecahan tersebut.

Menurutnya, bangsa yang plural ini kini juga menghadapi banyak tantangan. Termasuk masalah sosial. Fenomena penyakit seksual yang terjadi di masyarakat menjadi fenomena gunung es dan patut menjadi perhatian semua pihak.

“Penyakit seksual merupakan fenomena gunung es. Hanya tampak atasnya saja. Yang tercatat seribuan tapi faktanya bisa berlipat. Hal-hal seperti ini, harus kita atasi bersama,”katanya.

Ketua Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) Demak, Abdullah Syifa, mengatakan, mendesain kerukunan umat bergama memang tidak mudah. Meski demikian perlu upaya bersama dalam menjaga kerukunan tersebut. “Nilai-nilai pluralisme dan kebhinekaan harus kita jaga bersama. Jika tidak, konflik akan mudah meletup,”ujar dia. (hib/aro)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here